suplemenGKI.com

YANG BIASA JADI LUAR BIASA

1 Tesalonika 3:6-13

 

Pengantar
Semua orang memiliki gambaran tentang pahlawannya masing-masing atau bahkan juga mengidolakan tokoh-tokoh pahlawan tertentu yang menginspirasi hidupnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan didefinisikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Dalam bahasan tema hari ini, pahlawan juga bisa berarti orang-orang yang berani dan berhasil mengubah situasi yang biasa menjadi luar biasa.

Pemahaman

  • • Ayat 6-8               : Kabar apa yang disampaikan oleh Timotius kepada Paulus?
  • • Ayat 9-13             : Apa isi pesan yang disampaikan oleh Paulus?

Surat kepada jemaat di Tesalonika merupakan surat yang disampaikan atas pelayanan Paulus, Silwanus, dan Timotius. Jemaat di Tesalonika adalah jemaat yang memiliki tantangan untuk selalu berhadapan dengan orang-orang Yahudi. Akan tetapi, Paulus menggambarkan jemaat di Tesalonika sebagai jemaat yang tangguh dan tekun dalam pengharapan kepada Tuhan (1Tes.1:3). Hal inilah yang selalu membuat jemaat di Tesalonika semakin kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Paulus juga menekankan di awal pasal ini tentang jemaat di Tesalonika yang memiliki kekuatan hati dan iman, namun bisa saja berubah menjadi lemah. Setelah kunjungan Timotius ke jemaat Tesalonika, Paulus sungguh bergembira sebab ia mendapatkan kabar dari Timotius bahwa jemaat di Tesalonika tetap menjadi jemaat yang memiliki kekuatan hati dan iman di tengah berbagai godaan. Kekuatan inilah yang pada akhirnya menular secara positif ke dalam perasaan Paulus.

Paulus mendapatkan kabar bahwa jemaat di Tesalonika merindukan kehadirannya dan hal itu menjadi kekuatan bagi Paulus dan Timotius di tengah kesulitan yang sedang mereka alami, yaitu mereka tidak dapat langsung berkunjung ke jemaat di Tesalonika karena ada iblis yang menghalangi (1Tes.2:18). Akan tetapi, persoalan itu tidak menjadi halangan bagi Paulus untuk dapat merasakan sukacita dari jemaat di Tesalonika.

Paulus juga menekankan di dalam surat kepada mereka untuk selalu teguh berdiri dalam Tuhan. Kerinduan untuk dapat segera bertemu dengan jemaat di Tesalonika juga dicurahkannya di dalam surat ini sebagai tanda bahwa kekuatan iman dari jemaat di Tesalonika itu telah berubah menjadi sukacita bagi Paulus. Hingga pada akhirnya, Paulus menyampaikan bahwa ia sungguh-sungguh berdoa untuk jemaat di Tesalonika agar terus saling menguatkan, bertambah dan berkelimpahan kasih di antara sesama mereka. Walau Paulus tidak berjumpa secara fisik dengan jemaat di Tesalonika dan hanya mendapat kabar dari Timotius tentang mereka, namun sukacita itu bisa menular dan menghadirkan sukacita juga bagi Paulus dalam masa-masa sukarnya. 

Refleksi
Dalam kehidupan ini, ada hal-hal yang mungkin kita anggap biasa tetapi bagi orang lain bisa menjadi luar biasa. Kehidupan jemaat di Tesalonika berjalan seperti biasa. Mereka kuat dalam iman. Ternyata, kekuatan itu menular kepada Timotius dan Paulus sehingga membuat mereka mampu merasakan sukacita di tengah berbagai kesulitan yang sedang dialami. Pada hari ini, kita diajak untuk merenungkan bahwa sesungguhnya pemberian Tuhan dalam kehidupan kita bukanlah hal yang biasa, tetapi bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Kehadiran kita di tengah-tengah kehidupan keluarga, pekerjaan, pendidikan, atau pelayanan juga merupakan cara Tuhan untuk kita dapat hadir secara luar biasa. Kita diajak untuk bisa menularkan semangat dan tindakan positif supaya semua orang di sekitar kita juga bisa merasakan sukacita.

Tekadku
Tuhan, pakai aku untuk dapat menyalurkan sukacita dari-Mu kepada orang-orang di sekitarku. 

Tindakanku
Hari ini saya akan berkomunikasi dengan menanyakan kabar, serta mendoakan seorang sahabat atau saudara yang saya tahu bahwa saat ini ia sedang membutuhkan sukacita dari Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«