suplemenGKI.com

BERITA SUKACITA

Yesaya 65:17-25

 

Pengantar
Beberapa penyanyi terkenal di dunia pernah tampil di Indonesia. Kehadiran mereka menjadi berita sukacita yang disambut antusias oleh para penggemarnya. Apakah Saudara juga menanti berita sukacita? Firman Tuhan pada hari ini membawa berita sukacita bagi kita. Firman Tuhan menegaskan kepada kita bahwa ada sebuah kabar sukacita yang datang bagi setiap orang jika terus tekun dan setia menghadapi setiap tantangan di dalam kehidupannya. Itulah berita dari Tuhan yang disampaikan oleh nabi Yesaya kepada para pendengarnya.

Pemahaman

  • Ayat 17-18               : Mengapa nubuat ini berkata tentang langit dan bumi yang baru?
  • Ayat 19-24               : Bagaimana kehidupan pada langit dan bumi yang baru?
  • Ayat 25                     : Apa yang membedakan kehidupan saat ini dengan kehidupan yang baru?

Yesaya memberitakan sebuah nubuat sukacita tentang langit yang baru dan bumi yang baru. Maksud dari nubuat ini adalah kehadiran kehidupan yang baru yang lebih baik setelah begitu banyak penderitaan yang dialami. Kita diajak mengingat peristiwa bangsa Israel yang harus menderita di bawah penindasan Mesir pada saat itu. Ketika banyak orang berseru kepada Tuhan untuk mendapatkan pertolongan, maka lewat nabi Yesaya janji akan hadirnya kehidupan yang lebih baik telah disampaikan. Langit dan bumi yang baru juga berarti kehidupan yang semakin disertai oleh Tuhan. Ciri-cirinya adalah hidup yang penuh dengan damai sejahtera dan mampu membuat banyak orang bersukacita. Hidup yang indah dan nikmat untuk dijalani.

Nubuat tentang langit dan bumi yang baru bukanlah soal perpindahan lokasi kehidupan manusia, tetapi pada suasana baru yang diberikan Tuhan. Suasana itu sungguh-sungguh berbeda dari apa yang saat ini dirasakan oleh banyak orang. Ketika pada masa itu bangsa Israel berada pada penderitaan karena penindasan Mesir maka ada janji bahwa mereka akan mengalami hidup yang lebih baik. Bahkan perubahan situasi itu dimulai dari dalam hati setiap manusia, yang kemudian berdampak pada ungkapan-ungkapan nyata bergirang dan penuh sorak-sorai. Kehidupan yang dijanjikan juga penuh dengan kedamaian, kerukunan, dan kecukupan atas berkat dari Tuhan. Itulah kabar sukacita yang disampaikan oleh Yesaya. Janji itu tentu menjadi perbuatan yang diberikan oleh Tuhan sebab banyak orang merindukan hal tersebut dalam kehidupannya.

Saat ini, kita membaca janji akan langit dan bumi yang baru dalam kerangka Pra-Paskah. Di masa Pra Paskah kita menjadi murid-murid yang mengikut Kristus menempuh perjalanan iman dan pelayanan yang penuh tantangan dan pergumulan. Namun janji Yesaya menguatkan kita bahwa akan ada masa ketika kita merasakan kabar sukacita itu hadir untuk semua orang. Ada saat menderita tetapi juga ada waktunya untuk bersukacita. Hidup dalam Tuhan tentu menjadi sukacita penuh bagi kita, apalagi ketika kita semakin merasakan karya Tuhan di dalam kehidupan kita setiap hari. Tuhan memberikan segala sesuatu yang baru dan indah ketika kita bisa terus setia di dalam berbagai penderitaan bersama dengan kasih Tuhan. Jadikan Tuhan sebagai pegangan yang erat dalam kehidupan kita sekalipun terkadang kita harus melewati jalan derita.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah kembali perjalanan hidup Saudara. Adakah pergumulan-pergumulan berat yang membawa Saudara pada kerinduan akan hadirnya langit dan bumi baru? Apakah dalam pergumulan hidup yang berat Saudara masih sabar dan setia menanti pemenuhan janji berkat dan penyertaan Tuhan ataukah hati Saudara diliputi marah, kecewa dan putus asa? Masihkah Saudara bersemangat hidup bersama Tuhan dengan semakin percaya dan berpengharapan kepada-Nya? Masihkah Saudara  percaya  bahwa Tuhan akan memberi sukacita baru dengan membuat hidup Saudara berubah menjadi lebih baik? 

Tekadku
Tuhan, aku mau menyerahkan segala pergumulanku ke dalam tangan-Mu karena aku percaya bahwa Engkau akan menghadirkan sukacita di dalam kehidupanku.

Tindakanku
Di masa Pra Paskah ini aku belajar menyangkal diri dengan pantang marah, dendam atau pun kecewa sebagai bukti iman akan janji Tuhan yang membawa sukacita dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«