suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Raja-raja 2:13-18

 

PERCAYA

 

PENGANTAR
Berpisah dari sosok yang dekat dan menjadi teladan merupakan hal yang sangat berat. Elisa yang berpisah dari Elia bisa saja mengambil keputusan untuk pergi dan tidak lagi melanjutkan pelayanannya. Namun hal itu tidak dilakukan Elisa.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 13-14: Apakah yang Elisa alami setelah peristiwa terangkatnya Elia ke sorga?
  2. Ayat 15-18: Mengapa para nabi dari Yerikho memaksa Elisa mengijinkan mereka mencari Elia?

 

Peristiwa terangkatnya Elia ke sorga bukanlah akhir dari segalanya. Elisa yang adalah murid Elia mendapat kuasa seperti halnya  Elia. Kuasa itu tentu bukan datang dari “jubah Elia”, namun berasal dari Allah. Para nabi dari Yerikho tampaknya menyadari bahwa kuasa Allah dalam diri Elia telah melingkupi Elisa. Kesadaran itulah yang mendorong para nabi dari Yerikho sujud dihadapan Elisa. Hal itu menunjukkan rasa hormat mereka kepada Kuasa Allah yang bekerja dalam diri Elisa. Namun hal itu bertentangan dengan sikap mereka yang disisi lain justru tidak percaya pada terangkatnya Elia ke sorga. Mereka memaksa Elisa untuk mengijinkan mereka mencari Elia. Meski Elisa menolak, para nabi itu tetap berkeras mencari Elia.

Seperti dua sisi mata uang yang berbeda, demikianlah pula sikap para nabi Yerikho. Di satu sisi percaya akan kuasa Allah, disisi lain tidak percaya bahwa Allah mengangkat Elia ke sorga. Percaya dan sekaligus tidak percaya merupakan bentuk keragu-raguan. Mereka memerlukan bukti untuk menjadi percaya. Sikap para nabi Yerikho merupakan cermin diri umat TUHAN dimasa kini. Tidak sedikit umat TUHAN yang percaya kepada kuasa Allah, namun ketika badai pergumulan datang, kepercayaan kepada Allah  menjadi runtuh. Keraguan akan kuasa Allah pun muncul dalam diri umat.

 

REFLEKSI
Apakah kita sungguh-sungguh percaya akan Allah dan kuasa-NYA? Apakah kita juga memerlukan bukti nyata untuk sungguh-sunguh percaya kepada Allah?

 

TEKADKU
Ya Allah, ampuni kami oleh karena ketidakpercayaan kami akan kuasa dan karya-MU dalam hidup kami. Kuatkanlah kami dengan kuasa Roh-Mu, sehingga iman percaya kami terus bertumbuh. Namun mampukan kami juga untuk terus membangun kehidupan spiritualitas yang lebih berkualitas. Amin

 

TINDAKANKU
Belajar membangun iman percaya kepada Allah dengan tekun dalam doa dan bermeditasi. Membaca, merenungkan, dan mempelajari Firman-NYA.

 

—————————————————————–

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«