suplemenGKI.com

Tuhan Peduli

Pada bagian ini digambarkan betapa menderitanya bangsa Israel di hadapan bangsa yang fasik. Bangsa Israel menjerit kepada Tuhan karena penderitaannya tersebut.

  1. Bagaimanakah pemazmur menggambarkan keadaan bangsanya?
  2. Bagaimanakah pemazmur menggambarkan Tuhan dalam penderitaan bangsa Israel?
  3. Pelajaran apakah yang dapat kita ambil dari bacaan ini?

Renungan

Pemazmur sedang menggambarkan keadaan bangsa Israel yang menderita, antara lain: adanya penguasa-penguasa yang tidak tahu apa-apa, bahkan penguasa yang hidup dalam kegelapan. Adanya rakyat yang tak berdaya dan selalu berada dalam kesukaran yang tak teratasi. Adanya pula masyarakat yang mengalami ketidakpastian di dalam hidupnya, misalnya keadilan yang diselewengkan. Penderitaan inilah yang membuat pemazmur berteriak kepada Tuhan dan minta pertolongan kepada Tuhan.

Dalam nas ini seolah-olah pemazmur sedang bergumul tentang kekuasaan Tuhan, dimanakah Tuhan itu berada? Mengapa hal sewenang-wenang ini terjadi, kalau Tuhan Mahakuasa?

Tetapi sesungguhnya pemazmur menyakini bahwa Tuhan Israel adalah hakin yang adil. Walaupun kekuasaan para allah terasa kuat, namun Tuhan sebagai hakim yang adil tetap kuasaNya tak tergoyahkan. Sebagai pembela bagi umat yang lemah, Tuhan pasti peduli dengan setiap persoalan yang ada di umatNya. Pemazmur menggambarkan Tuhan itu membela yang lemah,  yatim, menderita, kekurangan, miskin serta melepaskan mereka yang terbelenggu oleh tangan orang fasik.

Betapapun bangsa Israel merasa tidak berdaya, namun pemazmur mengimani bahwa Tuhan itu tetap peduli dengan umatNya yang sedang mengalami penderitaan ini.

Ketika kehidupan ini berjalan dengan lancar, maka kita tidak akan mempertanyakan dimanakah Tuhan itu? Bahkan kita juga tidak pernah bertanya mengapa hidupku lancar-lancar saja? Mengapa Engkau memberkatiku? dll. Kita yakin betul bahwa Tuhan memang menyertai aku dan  memberkatiku.

Namun manakala kehidupan kita mengalami penderitaan, kesusahan, hambatan dan tantangan yang besar, acap kali kita tergoda untuk bertanya: dimanakah Engkau Tuhan? Mana kuasaMu yang menyelamatkan umatMu? Kapankah pembebasan itu datang kepadaku? Seakan akan kita ragu bahwa Tuhan itu tetap Mahakuasa.

Satu hal yang pemazmur tegaskan bahwa Tuhan itu adalah hakim yang adil, pasti Tuhan akan bertindak sesuai dengan cara dan waktu Tuhan yang tepat. Kita terus mengimani bahwa Tuhan peduli dengan semua persoalan yang ada dalam kehidupan ini. Tuhan juga ingin kita semakin lama semakin bertumbuh sebagai orang yang mempercayakan hidupnya kepadaNya. Tuhan akan tetap bekerja di dalam kehidupan kita baik waktu senang maupun susah, baik waktu kita menyadari atau tidak menyadari penyertaan Tuhan dalam hidup ini.

Kepedulian Tuhan terhadap kita tidak pernah dibatasi oleh situasi yang sedang terjadi dalam hidup kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

2 Comments for this entry

  • Jefta Mikola says:

    trima kasih.. untung ada sate online… hehehe lupa bawa bukunya nih heheh..
    Tuhan Yesus berkati pelayanan kalian
    Amin..
    Gbu

  • admin says:

    Tuhan memberkati Anda juga Rekan Jefta Mikola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*