suplemenGKI.com

DIPULIHKAN UNTUK MELAYANI TUHAN

Yesaya 60:5-7

 

Pengantar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI) Dipulihkan berarti keadaannya menjadi kembali (baik, sehat) seperti semula; sembuh atau baik kembali (berkaitan dengan sakit/kesehatan); menjadi baik (baru) lagi. Satu Pribadi yang pasti sanggup memberikan pemulihan adalah Tuhan Yesus. Ketika Tuhan melakukan suatu pemulihan Ia pasti memiliki tujuan tertentu, antara lain adalah untuk melayani-Nya. Hal itu jugalah yang dialami oleh bangsa Israel. Mari kita renungkan bersama.

Pemahaman

  • Ayat 5-6 : Apakah yang terjadi setelah Tuhan memulihkan bangsa Israel? Apa saja yang Allah kerjakan bagi mereka? Bagaimana respon mereka ketika dipulihkan?
  • Ayat 7     : Mengapa Allah mau memulihkan keadaan bangsa Israel? Apakah tujuan Allah melakukan semua pekerjaan itu?
  • Pernahkah saudara mengalami pemulihan dari Allah? Apakah yang saudara lakukan untuk menyatakan syukur saudara kepada Allah?

Setelah Tuhan memulihkan bangsa Israel dari keterpurukan dan kehancuran ketika mereka dibuang ke Babel, Tuhan berjanji mereka akan mengalami kejayaan seperti masa kejayaan pada masa raja Salomo: yaitu ketika banyak raja-raja dari seluruh bumi datang kepada Salomo membawa banyak persembahan untuk menyaksikan hikmat Allah yang di taruh dalam hatinya. Semua orang dari segala penjuru akan datang kepada mereka dan membawa kelimpahan dan kekayaan bagi mereka “serta memberitakan perbuatan masyhur Tuhan.” Bahkan mereka akan heran melihat, berseri-seri, tercengang dan berbesar hati melihat pekerjaan Tuhan atas mereka (Ay. 5).

Namun hal terpenting adalah dalam ayat 7 bahwa pemulihan yang mereka alami itu akan menghidupkan dan menyemarakkan kembali sukacita ibadah dalam rumah Tuhan. Kehidupan rohani mereka juga akan dipulihkan. “Segala kambing domba Kedar… domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semua akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku.” Tujuan Allah memulihkan kehidupan umat-Nya adalah supaya mereka lebih setia kepada Tuhan, lebih bersemangat dalam melayani Tuhan.

Refleksi
Renungkanlah: Ketika Tuhan memulihkan hidup saudara, Apakah yang saudara lakukan bagi Tuhan? Apakah saudara lebih setia beribadah kepada-Nya? Jangan sampai kita lupa bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan. Bukti syukur kita kepada Tuhan dapat kita nyatakan melalui kesetiaan kita beribadah dan kerinduan kita untuk melayani Tuhan.

Tekadku
Tuhan, trimakasih untuk pemulihan yang Tuhan kerjakan dalam hidup saya, mampukan saya untuk selalu mensyukuri bahwa hidup ini adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada kami, sehingga kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Tuhan.

Tindakanku
Di awal tahun 2019 ini, saya bertekad untuk berusaha lebih setia beribadah (setia untuk saat teduh, setia ibadah di gereja, dll) dan saya akan lebih bersemangat lagi untuk melakukan pelayanan saya di gereja, bukan sekedar karena saya sudah dijadwal, tetapi karena kebaikan Tuhan dalam hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«