suplemenGKI.com

DIKUDUSKAN DAN DIPULIHKAN

Maleakhi 3:3-4

 

Pengantar

“Hari ini aku di halaman bersama anakku yang genap berumur lima tahun. Tiba-tiba seekor gagak hinggap di pohon. Anakku terus menunjuk ke arah gagak dan bertanya, “Ayah, apakah itu?”. Dan aku menjawab, “Burung gagak”. Walau bagaimana pun, anak ku terus bertanya pertanyaan yang sama dan setiap kali aku menjawab dengan jawaban yang sama. Sampai 25 kali anakku bertanya demikian, dan demi rasa cinta dan sayang aku terus menjawab untuk memenuhi perasaan ingin tahunya. Aku berharap bahwa hal tersebut menjadi suatu pendidikan yang berharga.”.Itulah cerita seorang bapak tentang anaknya yang sedang berada dalam proses pertumbuhan. Sebuah cerita yang memperlihatkan cinta kasih seorang bapak kepada anaknya. Seorang bapak yang terus mendampingi dan menemani anaknya yang berada didalam proses belajar. Itulah gambaran sejati tentang ALLAH yang selalu mengasihi umat-Nya. ALLAH yang tidak pernah berhenti mendampingi dan menopang umat-Nya yang berada dalam proses kehidupan.

Pemahaman
Ayat 3   Apa yang akan mesias kerjakan bagi umat ALLAH?

Ayat 4   Apa yang akan terjadi setelah proses pemurnian tersebut?

Sikap hidup para imam dan umat menjadi sorotan ALLAH oleh karena bertentangan dengan kehendak-Nya. Meski ALLAH mengancam akan menghukum umat-Nya namun ALLAH tetap memperlihatkan cinta kasih-Nya. Hal itu nyata lewat janji pemulihan yang akan ALLAH kerjakan. Mesias yang dijanjikan akan digenapi. Ayat 3 memaparkan bahwa Mesias yang akan datang, akan memurnikan dan mentahirkan umat ALLAH. Melalui pemurnian dan pentahiran itu umat ALLAH akan hidup dalam kebenaran sehingga kehidupan mereka kembali berkenan dihadapan ALLAH (ayat 4)

Janji ALLAH menguduskan dan memulihkan umat-Nya merupakan bukti cinta kasih ALLAH yang tidak berkesudahan. ALLAH tidak pernah merasa bosan untuk terus dengan setia mendampingi dan menopang kehidupan umat-Nya.

Refleksi
Bagaimanakah hubungan kita dengan ALLAH? Akankah hidup yang telah dikuduskan dan dipulihkan ini akan kita sia-siakan? Akankah cinta kasih ALLAH akan kita sia-siakan dalam hidup?

Tekadku
Mampukan saya untuk terus membangun relasi yang semakin akrab dengan-Mu ya ALLAH. Tolong hambamu untuk selalu menjaga kekudusan hidup dan dengan sungguh taat pada perintah-Mu.

Tindakanku
Saya akan terus membangun relasi dengan ALLAH melalui persekutuan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«