suplemenGKI.com

MENCARI TUHAN

Yesaya 55:6-13

 

Pengantar

Apa yang paling dicari oleh manusia pada zaman sekarang ini? Mungkin sebagian besar dari mereka akan menjawab uang, jawaban lain mungkin adalah kekayaan, jabatan, pengalaman, kepintaran atau kemampuan. Mengapa jawaban yang paling banyak adalah uang? Karena dengan uang mereka bisa membeli apa saja yang mereka inginkan. Jika pertanyaan ini juga diberikan kepada kita sebagai orang percaya, apakah yang kita cari selama kita hidup di dunia ini? Mungkin jawabannya akan sama, jawaban mencari Tuhan akan jarang ditemui karena mungkin itu akan dianggap sebagai jawaban yang telalu rohani. Renungan hari ini akan menolong kita untuk mengerti betapa pentingnya kita harus mencari Tuhan di sepanjang kehidupan kita.

Pemahaman

  • Ayat 6-7         : Mengapa kita harus mencari Tuhan?
  • Ayat 8-11       : Bagaimana rancangan Tuhan dalam kehidupan umat-Nya? Bagaimana cara Firman Tuhan bekerja?
  • Ayat 12-13    : Apa yang kita dapatkan jika kita berhasil menemukan Tuhan dan berhasil mentaati dan melakukan firman Tuhan?

Kita harus mencari Tuhan selama Tuhan masih berkenan ditemui, dan kita harus berseru kepada Tuhan selagi Tuhan dekat dengan kita (Ay. 6). Artinya kita harus mencari Tuhan selama Tuhan masih memberikan kesempatan itu bagi kita. Kesempatan yang ada mari kita gunakan untuk terus-menerus mencari Tuhan.  Mencari dan menemukan Tuhan melalui firman-Nya. Melalui firman yang kita dengar dalam ibadah ataupun melalui persekutuan pribadi kita dengan Tuhan, di sanalah kita dapat berjumpa dengan Tuhan.

Karena itu jangan sekali-kali kita menggantungkan harapan pada uang, kekayaan, jabatan, pengalaman, kepintaran atau kemampuan, semuanya adalah sia-sia.  Gantungkan harapan sepenuhnya kepada Tuhan sebab Dia selalu punya jalan ajaib untuk menolong kita.  Dia tidak pernah kehabisan cara melepaskan kita dari berbagai masalah. Karena Tuhanlah yang merancangkan segala sesuatu untuk kita, bukan kita yang mengatur rencana kita sendiri. Rencana kita bisa gagal tetapi rencana Tuhan tidak pernah gagal. Setiap Firman yang keluar dari mulut Tuhan tidak akan pernah kembali sia-sia (Ay. 11). Kuasa dan dampak firman Tuhan tidak pernah dibatalkan atau dinyatakan tidak berlaku lagi.

Apabila Firman Allah didengar dan ditaati maka orang yang ditebus itu akan dimerdekakan dari belenggu mereka dan masuk ke dalam sukacita dan damai sejahtera (Ay. 12-13). Bukankah sukacita dan damai sejahtera itu yang ingin dicari oleh semua orang. Dan sukacita dan damai sejahtera yang sejati itu hanya ditemukan di dalam Tuhan Yesus sang Juruselamat manusia. Seluruh alam di sekitar mereka akan turut merasakan kegembiraan ini, yaitu saat anugerah Allah dinyatakan. 

Refleksi
Renungkan: Apakah selama ini hidup kita hanya mencari sukacita yang semu ataukah kita mau mencari sumber sukacita dan damai sejahtera yang sejati dalam Tuhan?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukan saya untuk terus mencari Engkau dalam setiap keadaan yang saya alami dan tidak terpengaruh oleh sukacita dunia yang hanya sementara.

Tindakanku
Saya akan mencari hadirat Tuhan dengan cara setia melakukan persekutuan doa pribadi saya maupun persekutuan doa dan ibadah yang ada di gereja, supaya saya selalu bisa mendengarkan firman-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*