suplemenGKI.com

Amos 5:21-24

Tindakkan Keagamaan Yang Jauh Dari Ketulusan!           

Sutau kali seorang anak muda sangat marah ketika dia merasa sudah bersusah dan berjuang untuk menjemput kedatangan ayahnya dari luar kota. Karena ternyata ayahnya lebih suka naik mobil sahabatnya ketimbang dijemput oleh anaknya yang naik mobil sedan. Latar belakangnya demikian, yaitu beberapa waktu sebelum ia akan kembali dari luar kota, sang ayah sudah berkali-keli menghubungi si anaknya untuk mempersiapkan kendaraan, menjemput dan menunggunya di bandara. Tetapi si anak selalu tidak bisa dihubungi dan ketika bisa dihubungi respon atas permintaan orangtuanya seakan dianggap angin lalu. Tetapi karena didesak oleh ibunya, maka pada hari kedatangan ayahnya dari luar kota si anak mau tidak mau terpaksa berangkat untuk menjemput ayahnya. Tetapi apa yang terjadi, ketika si anak menghampiri ayahnya dan berkata “aku jemput ayah karena didesak ibu” Ayahnya diam saja, bahkan tidak mau menoleh anaknya. Kemudian dari kejauhan ada seorang sahabat ayahnya datang mendekat dan menawarkan untuk mengantar sang ayah pulang ke rumah, bahkan dengan segera temannya itu mengangkat koper dan beberapa barang bawaan sang ayah menuju ke mobilnya. Sang ayah berkata kepada anaknya “maaf aku tidak mau dijemput oleh anak yang tidak berhati tulus tetapi karena terpaksa” Mendengar hal itu, marahlah si anak dan berkata bahwa ayahnya tidak menghargai dan menyia-nyiakan waktunya.

Pertanyaan-Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa yang saudara bayangkan dengan ungkapan penolakan Allah di ay. 21-23?
  2. Dalam kondisi apakah ungkapan-ungkapan itu dilontarkan?
  3. Apa yang mekatarbelakangi penolakan Allah terhadap tindakan keagamaan umat Israel?

Renungan:
            Dalam catatan penafsiran, bagian ini muncul ketika umat Israel sedang melakukan perayaan upacara keagamaan di Bethel. Seperti kebiasaan yang sudah lazim bagi umat Israel kalau mengadakan pesta upacara keagamaan selalu disertai dengan pesta-pora, bahkan sampai empat puluh hari, sehingga tercipta suasana yang sangat ramai. Mereka sangat meyakini bahwa Tuhan akan senang dan menerima apa yang diperbuat karena itu adalah suatu persembahan kepada Tuhan. Namun apa yang terjadi, ternyata Tuhan menolak dengan mengungkapkan tujuh ungkapan yang menunjukan betapa Tuhan benci dengan tindakan keagamaan umatNya. Dikatakan: Aku membenci, Aku menghina, Aku tidak senang, Aku tidak suka, Aku tidak mau pandang, jauhkanlah dan Aku tidak mau dengar. Ungkapan-ungkapan itu menunjukkan betapa Allah tidak berkenan kepada kegiatan dan tindakan keagamaan umat Israel.  Pertanyaannya, mengapa sampai Tuhan begitu tidak suka dengan ibadah umatNya? Dalam ay. 24 kita jumpai bahwa ternyata persoalan Pertama: Umat Israel sebenarnya telah hidup dalam pementingan diri sendiri, egoisme dan hidup dengan ketidakadilan. Mereka jauh dari ketulusan, jauh dari kasih kepada Allah dan sesama. Kedua: Umat Israel secara tindakan keagamaan sepertinya menghormati Allah yang telah membawa mereka keluar dari perbudakan Mesir, tetapi ternyata mereka sebenarnya lebih mengikuti kebiasaan bangsa-bangsa sekitarnya yang suka berpesta-pora menyembah dewa binatang, patung-patung yang diungkapkan dalam bentuk keramaian dan pesta-pora (ay. 25-27) Dengan demikian mereka sebenarnya sudah hidup dalam penyembah berhala karena lebih mengikuti tren sekitarnya dari pada menghormati Allah. Tindakan keagamaan mereka bukan karena hati yang takut dan mengasihi Allah, tetapi lebih kepada mengikuti gaya hidup bangsa-bangsa sekitarnya. Itu berarti mereka sudah tidak lagi menghormati Allah dan bukan menyembah Tuhan.
            Saudara, peribadatan yang bernilai kebenaran dan menghormati Allah adalah ketika kita hidup tidak mementingkan diri sendiri, mempedulikan orang lain, tidak memaksakan kehendak kita pada orang lain dan ketika kita beribadah bukan hanya sekedar mengikuti tren dunia yang penuh gemerlap yang hanya mementingkan keramaian dan hiburan. Mari kita beribadah dengan keadilan dan menghormati Allah, karena itulah sesungguhnya ibadah dalam ketulusan dan menghormati Allah. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«