suplemenGKI.com

Kejadian 2:8-15; Mazmur 104:1a, 10-18

Tuhan ciptakan bumi dengan segala keindahan dan keharmonisan. Namun kita menyaksikan bumi yang Tuhan ciptakan semakin rusak. Penggundulan hutan, sampah menggunung, udara semakin panas, dan terjadi pemanasan global di bumi ini. Namun bukankah manusia, dengan segala kepentingannya, kurang peduli dengan alam sekitarnya? Masih saja terjadi di berbagai tempat adanya eksploitasi alam di mana pohon sebagai penopang kehidupan ini dirusak dan dibabat. Lalu di mana peran kita sebagai orang percaya?

Kejadian 2:8-15 menunjukkan sejak awal ALLAH membangun taman Eden, di mana terdapat pohon kehidupan di tengah taman itu. Taman yang ALLAH bangun itu merupakan kediaman manusia, agar menjalani persekutuan dengan-Nya dan hidup harmonis dengan sesama serta alam ciptaan-Nya.
• Ayat 15, menjelaskan bahwa kehidupan manusia sungguh dilindungi dan dipelihara ALLAH. Namun sesungguhnya perlindungan dan pemeliharaan-Nya mengandung pemberian tugas. ALLAH memberi tugas kepada manusia untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Sesungguhnya ketika ALLAH menempatkan manusia di taman Eden bukan sekedar untuk menikmati kesenangan dengan segala yang ada di taman itu. Manusia dipelihara ALLAH agar dapat memelihara ciptaan yang lain sehingga memberi kebahagiaan dan kesejahteraan bagi manusia itu sendiri. Oleh ALLAH, manusia diberi tugas untuk bekerja, memelihara dan mengupayakan bumi agar tetap menjadi taman kehidupan yang memberi manfaat bagi makhluk hidup.

Mazmur 104:1a, 10-18, mengungkapkan bahwa semua ciptaan Allah itu berharga, yang adalah cerminan keagungan dan kemuliaan-Nya. Perikop ini menggambarkan ketakjuban pemazmur menyaksikan bagaimana Allah yang tidak hanya mencipta tapi juga menumbuh-kembangkan dan terus memelihara ciptaanNya. Sesuai rencanaNya, Allah mencipta segala sesuatu sesuai dengan maksud dan fungsinya masing-masing dalam hubungan yang harmonis dan saling mempengaruhi. Semuanya berharga di mata Allah dan mencerminkan keagungan karyaNya. Jadi sikap eksploitatif terhadap alam merupakan bentuk penodaan dan pengrusakkan terhadap karya dan rencana Allah yang agung itu.

Dengan demikian, sebagai orang percaya kita harus memberi peran di bumi ini. Mari memperlakukan lingkungan hidup sebagai ciptaan yang harus dipedulikan, diusahakan baik dan dipelihara. Buanglah sampah ditempatnya, kurangi limbah dan asap, hemat energi, tanamlah pohon penghasil oksigen, dll. Bersama Sang Pencipta, mari ikut berperan mengusahakan kesejahteraan bagi mahkluk hidup di alam semesta ini. Dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia di tahun 2012, kita diajak berpartisipasi aktif menyelamatkan bumi dengan melestarikan pepohonan, hutan dan melakukan gerakan menanam pohon di lingkungan di mana Dia menempatkan kita. Mari bersama-sama melaksanakan tugas panggilan yang Dia berikan yaitu mengusahakan dan memelihara bumi; taman kehidupan karya dan anugerah TUHAN.
-Su-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*