suplemenGKI.com

Artikel Untuk Pra Paskah Ke -4

Kata “prapaskah” rupanya hanya digunakan di Indonesia, artinya sebelum Paskah atau menjelang Paskah. Bahasa lain biasanya menggunakan kata lent atau lenten (Inggris), yang berasal dari lencten (Anglo-Saxon) atau lenz (Jerman), artinya musim semi. Kata yang sebenarnya lebih berhubungan adalah lang atau long, artinya panjang atau lama. Sebab di musim semi, siang menjadi lebih panjang atau lebih lama. Dalam bahasa Italia disebut quaresima, Spanyol : cuaresma, berasal dari bahasa Latin : quadragesima artinya empat puluh. Kata ini sejajar dengan bahasa Prancis : careme, yang sekaligus berarti puasa.

Selama masa Pra Paskah ini kita memperingati tugas pelayanan Tuhan Yesus selama di dunia sebelum disalibkan. Semua tugas pelayananNya dilakukan dengan sangat baik dan sempurna dan selalu mendatangkan damai sejahtera bagi orang-orang di sekitarnya

Pra Paskah I disebut juga invocabit atau “bila ia berseru kepadaKu” atau disebut juga caput quadragesima yang artinya permulaan masa empat puluh hari. Pada masa ini Tuhan Yesus mengalami pencobaan di padang gurun setelah berpuasa 40 hari 40 malam yang diakhiri dengan kemenanganNya atas pencobaan dan kemulianNya ketika malaikat melayaniNya.

Pra Paskah II disbut juga reminiscere atau “ingatlah segala rahmatMu”. Pada masa ini Tuhan Yesus bercakap-cakap dengan sorang Farisi bernama Nikodemus tentang lahir baru.

Pra Paskah III disebut juga oculi atau “mataku tetap terarah kepada Tuhan”. Pada masa ini Tuhan Yesus bertemu dan bercakap-cakap dengan perempuan Samaria di sumur nenek moyang Israel. Penekanannya pada percaya dan menyembah Allah, dan air hidup.

Pra Paskah IV disebut juga laetare atau “bersukacitalah bersama-sama Yerusalem” disebut juga Paskah Kecil. Pada masa ini Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahir. Maksud kejadian ini ialah memperlihatkan betapa Yesus menerangi mata supaya orang melihat dan percaya kepada Anak Manusia.

Pra Paskah V disebut juga passio atau Minggu Sengsara atau judica atau “berilah keadilan kepadaku, ya Allah”. Tema kebangkitan semakin jelas pada masa ini. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus yang telah dikubur selama 4 hari. Dibalik kebangkitan Lazarus (konsep kebangkitan tubuh) ada pengakuan bahwa Yesus adalah kebangkitan dan hidup.

Panitia Paskah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*