suplemenGKI.com

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya … Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku (Yohanes 16:13-14)
Perpisahan, bagaimanapun bentuk dan kemasannya, tetap akan terasa tidak menyenangkan. Termasuk ketika kita harus kehilangan seseorang yang selama ini menjadi panutan hidup. Serasa ada yang hilang dan perjalanan ke depan terasa gamang, tidak tahu apa yang harus dilakukan, arah menjadi bias dan kemampuan diri sendiri menjadi tidak lagi dipercaya.
Keadaan para murid Tuhan Yesus yang akan ditinggal oleh Sang Guru Agung boleh jadi mirip dengan gambaran umum di atas. Bahkan mungkin lebih dari itu karena menjelang kepergianNya, Yesus juga menyampaikan dengan gamblang beratnya tantangan yang harus dihadapi para murid sebagai konsekuensi kesetiaan mereka mengikut dan mengerjakan perintah Tuhan Yesus (Yoh.15:18-22; 16:1-4a).
Kepergian Yesus, Tuhan, Guru dan Sang Panutan hidup para murid dan pemaparan beratnya tantangan hidup para murid di depan sungguh tidak menyenangkan untuk disandingkan bersamaan. Namun dalam situasi yang demikian, Yesus sungguh tahu apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh para murid. Ia tidak meninggalkan mereka sendirian. Ada Roh Kebenaran yang akan terus menyertai para murid dalam perjalanan hidup mereka menjadi pejuang-pejuang Injil, pembela kebenaran, dan pengikut Tuhan yang setia.
Roh Kebenaran itu bukan pribadi yang asing bagi Yesus. Mereka memiliki hubungan yang erat dan tak terpisahkan, sebagaimana dikatakan oleh Yesus bahwa segala sesuatu yang didengarNya (Roh Kebenaran), itulah yang akan dikatakanNya kepada para murid dan seluruh orang percaya. Roh Kebenaran itu akan memuliakan Yesus dan memberitakan segala yang diterimaNya dari Yesus.
Ini berarti para murid dan seluruh orang percaya tidak perlu takut dan berkecil hati menghadapi segala tantangan yang muncul sebagai konsekuensi untuk hidup benar di dunia yang rusak ini. Tidak ada kata tidak bisa dan tidak mungkin, sebab untuk menjadi pejuang Injil, pembela kebenaran dan pengikut Tuhan yang setia, kita tidak melakukannya dengan kekuatan sendiri, melainkan dengan pimpinan Roh Kebenaran. – SunFlow-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»