suplemenGKI.com

SABTU,21 JUNI 2014

20/06/2014

MATIUS 10: 21-33

“KETAATAN YANG TERUJI”

 

PENGANTAR
Ujian ketaatan seringkali terjadi pada keadaan hidup yang paling manis, atau sebaliknya, keadaan hidup yang paling pahit.  Saat teduh hari ini mengajak kita memeriksa ketaatan kita kepada Tuhan, terutama ketika hidup ini sedang memasuki babak yang berat dan pahit.

PEMAHAMAN
Secara umum pasal 10 menceritakan mengenai pengutusan murid-murid Yesus dan sekaligus pemaparan tentang kesulitan hidup yang harus mereka hadapi cepat atau lambat.

  1. Ayat 21-22: Kenyataan hidup seperti apa yang akan mereka hadapi dalam mengemban tugas menjadi murid Yesus?
  2. Sedikitnya ada tiga alasan yang Yesus sampaikan agar mereka tidak menjadi berkecil hati dan takut. Apakah alasan-alasan tersebut?(a) Ayat 26; (b) Ayat 24-25, 29-31; (c) Ayat 22b, 28, 32-33.

Tuhan sudah memberitahukan sejak dulu bahwa akan ada penolakan, pertentangan, kebencian kepada para pengikut Yesus. Namun pesan Tuhan Yesus tidak berhenti di situ, Ia menguatkan para murid dan kita untuk tidak takut dan tetap teguh dalam menghadapi penderitaan karena pembelaan iman kita. Ada tiga alasan yang Yesus sebutkan yaitu:

  1. Pada waktuNya, Tuhan akan menyingkapkan kebenaran tentang misi pelayanan Yesus dan kita para pengikutNya. Semua dusta dan kebencian yang ditujukan kepada pengikut Yesus dan juga kesetiaan kita kepadaNya akan terungkap dengan jelas.
  2. Penyertaan Yesus menjadi jaminan kita. Penderitaan kita tidak lebih dari apa yang Guru kita alami. Ini berarti penderitaan itu dapat Allah gunakan untuk membentuk kita makin menyerupai Kristus.
  3. Akhir hidup kita sudah jelas, yaitu bersama Allah dalam kerajaanNya. Dengan demikian, Yesus mengingatkan kita untuk bertahan sampai pada kesudahannya dan tidak takut kepada kematian tubuh yang mengancam kita sekalipun .

Penderitaan sebagai pengikut Kristus belum berakhir, bahkan akan semakin mengancam. Karena itu dari sekarang kita harus mendisplin diri dalam ketaatan kepada Tuhan mulai dari hal-hal yang kecil dalam keseharian kita.

REFLEKSI
Saatnya memeriksa tindakan ketaatan kita: Hal atau situasi apa yang sering membuat Anda berkompromi dengan ketidaksetiaan/ketidaktaatan pada Yesus? Apa yang membuat Anda takut untuk taat?

TEKADKU
Tuhan Yesus, ampunilah jika kami kurang berjuang untuk menunjukkan ketaatan kami kepadaMu. Banyak ketakutan dan kekuatiran yang menghimpit kami ketika kami mau mengerjakan ketaatan kami. Kami mau meninggalkan ketakutan-ketakutan kami, kami mau taat sekalipun ada harga yang harus kami bayar. Kami pasti dimampukan oleh kuat kuasa dan penyertaanMu. Teguhkanlah tekad kami. Amin.

TINDAKANKU
Ketaatan dalam hal apa pada Tuhan yang paling menimbulkan risiko bagi hidup Anda sekarang ini? Temukan itu dan hari ini perjuangkan ketaatan Anda dalam hal tersebut.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*