suplemenGKI.com

Sabtu, 9 Oktober 2010

08/10/2010

2 timotius 2 : 8 – 15

KEBEBASAN SEJATI

Meskipun rasul Paulus berada dipenjara dengan tuduhan yang menyebabkan tak mungkin Ia dibebaskan, namun Paulus tidak cemas dan tidak putus asa. Ia tetap bersukacita dan tetap memuliakan nama Tuhan, apa rahasianya ?

Pertanyaan pendalaman.

  1. Apa yang dimaksud dengan perkataan, “tetapi Firman Allah tidak terbelenggu” ? ayat 9b.
  2. Mengapa rasul Paulus berkata , “karena itu aku sabar menanggung semuanya itu” ? ayat 10.

Renungan.

Paulus berada dalam penjara dengan tuduhan sebagai penjahat, agak aneh bahwa pemerintah sama sekali tidak bersahabat dengan orang Kristen menganggap Paulus seorang penjahat. Walaupun rasul Paulus diperlakukan secara tidak adil Ia dapat menanggungnya dengan sukacita. Ada dua hal yang dapat menguatkan hati Paulus.

Pertama : Paulus merasa bahwa meskipun Ia dibelenggu dalam penjara namun tak ada yang dapat membelenggu Firman Allah. ( ayat 8-9).

Kaisar Romawi sebenarnya tidak punya tuduhan yang tepat untuk membelenggu Paulus dalam penjara, bahkan sebenarnya tidak ada larangan untuk memberitakan Injil di wilayah kekaisaran Romawi. Yang pasti oleh hasutan orang-orang yang tidak senang dengan Paulus dan kemajuan kekristenan mengakibatkan Paulus dibelenggu dalam penjara. Namun apakah dengan dibelenggunya Paulus Injil tidak diberitakan ? tidak ! sekalipun Paulus berada dalam penjara Injil tetap diberitakan oleh orang-orang yang mencintai Yesus. Bahkan didalam penjarapun Paulus tetap memberitakan Injil sehingga kabar keselamatan banyak yang mendengarnya. Hal itu berlaku sampai sekarang Injil terus diberitakan ke seluruh dunia oleh orang-orang yang mengasihi Kristus.

Kedua : Paulus yakin bahwa apa yang dilakukannya kelak menjadi pertolongan bagi orang lain yang percaya. (ayat 10 – 13 ).

Paulus meyakini bahwa penderitaannya akan memberi arti yang baik bagi orang-orang percaya dikemudian hari. Darah para martir selalu menjadi benih gereja. Paulus begitu yakin bahwa penderitaannya kelak akan membuahkan sesuatu yang harum bagi kekristenan. Oleh sebab itu Paulus mengatakan karena itu aku tetap sabar menanggung semuanya itu. ltulah yang harus kita ingat apabila kita harus menderita karena iman kita. Dan sebenarnya di dalam penderitaan, kita menanggung sebagian kecil beban salib Kristus dan mengerjakan sebagian kecil tugas kita dalam memberitakan kabar keselamatan kepada semua manusia.

Penderitaan karena iman kepada Kristus dapat menguatkan para pengikut Kristus di kemudian hari”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*