suplemenGKI.com

Sabtu, 9 Mei 2015

08/05/2015

PEMIMPIN YANG MELAYANI

Markus 10: 42-47

 

Pengantar
Banyak orang yang berharap dapat menjadi pemimpin yang besar atau terkenal, karena pemimpin yang besar disegani oleh rakyatnya atau bawahannya. Maka banyak orang yang berebut untuk dapat menjadi pemimpin yang besar, bahkan segala cara dihalalkannya untuk mencapai tujuannya. Namun pernahkah kita memperhatikan pemimpin yang bagaimanakah yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus?

Pemahaman

Ay 42, Apa yang dikatakan Tuhan Yesus mengenai pemimpin dunia?

Ay 43-44, Apa yang Tuhan Yesus kehendaki untuk setiap pemimpin?

Ay 45, Apa yang diteladankan oleh Anak Manusia sebagai pemimpin?

Bagian ini didahului dengan permintaan Yakobus danYohanes untuk duduk dalam kemuliaan Tuhan, disebelah kiri dan kanan Tuhan Yesus. Rupanya permintaan mereka untuk duduk disebelah kiri dan kanan Tuhan Yesus di dengar oleh murid-murid yang lain dan mereka menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.

Mendengar pertentangan antar murid-muridNya maka Tuhan Yesus mengumpulkan mereka dan menyatakan bahwa pemimpin bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi atau kekerasan, dan menjalankan kekuasaannya juga dengan kekerasan.

Sedangkan para murid tidaklah demikian, orang yang ingin menjadi besar atau terkenal hendaknya ia menjadi pelayan atau hamba dari orang lain. Bagi Yesus, seorang pemimpin harus dapat melayani orang yang dipimpinnya bukan meminta orang lain yang melayani dia, apalagi mengambil keuntungan dari orang yang dilayaninya.

Tuhan Yesus mengingatkan kepada para murid, bahwa Anak Manusia datang ke dalam dunia ini bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan bahkan berkorban memberikan nyawaNya untuk menjadi tebusan bagi banyak orang. Tuhan Yesus memberikan teladan bagi para murid, supaya mereka semua mengingat bahwa segala kekuasaan yang ada sebagai pemimpin harus digunakan untuk melayani  orang lain bukan melayani diri sendiri.

Refleksi
Ambillah waktu sejenak dan renungkanlah: apakah kita senang di layani atau senang melayani?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, sering kali kami menuntut orang lain melayani kami, tolonglah kami agar kami dimampukan untuk dapat lebih melayani orang lain, demi kemuliaan namaMu. Amin.

Tindakan
Hari ini memikirkan siapa yang akan saya layani, dan hari ini juga ambil tindakan untuk melayani dia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«