suplemenGKI.com

Sabtu, 9 Juli 2016.

08/07/2016

Kolose 1:7-14.

 

Kedewasaan Iman Di Dalam Kristus

Pengantar:
Perkembangan atau kemajuan seseorang umumnya ditunjukkan melalui pencapaian-pencapaian. Misalnya: dari kecil menjadi besar, dari tidak pintar menjadi pintar, dari tidak sukses menjadi sukses dan sebagainya. Setelah seseorang mengalami perkembangan atau kemajuan, maka dia kemudian harus meraih tahap yang lebih tinggi lagi, yaitu kedewasaan. Kedewasaan seseorang biasanya diwujudkan melalui: kecakapan, ketahanan dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan yang terkadang menjadi penghalang dalam mempertahankan perkembangan atau kemajuannya. Dalam bacaan hari ini Rasul Paulus pun berdoa bagi jemaat Kolose agar mengalami kedewasaan iman di dalam Injil Kristus.

Pemahaman:

  1. Apa maksudnya: supaya jemaat Kolose menerima segala hikmat & pengertian yg benar?
  2. Apa maksudnya Paulus berkata: supaya hidupmu layak serta berkenan dan kuat?
  3. Apa maksud pernyataan Paulus pada ayat 13-14?

Rasul Paulus memahami, bahwa perkembangan atau kemajuan iman suatu jemaat suatu ketika bisa berhadapan dengan tantangan, tidak terkecuali jemaat Kolose. Tantangan atau kesulitan jika tidak dihadapi dengan iman yang dewasa bisa berdampak buruk, misalnya kesewa, putus asa yang kemudian tidak jarang berakhir pada keputusan meninggalkan imannya dalam Tuhan Yesus. Agar dampak-dampak itu tidak terjadi, maka dibutuhkan apa yang Paulus katakan hikmat dan pengertian yang benar. Hikmat dan pengertian yang benar itu berbicara tentang firman Allah.

Memiliki hikmat dan pengertian yang benar itu akan menolong jemaat Kolose untuk hidup yang layak dan berkenan kepada Tuhan. Hidup yang layak dan berkenan kepada Tuhan itu berarti memberi buah dalam segala pekerjaan baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah serta mampu melawan segala bentuk dosa. Hasil dari memiliki pengetahuan yang benar tentang Allah, akan membuat jemaat Kolose kuat, tangguh dan cakap dalam menghadapi tantangan iman. Selain itu mereka tidak akan mudah menyerah, melainkan bisa bersyukur dengan bersukacita kepada Bapa yang melayakkannya.

Pada ayat 13-14, Paulus menekankan, bahwa karya Kristus telah melepaskan jemaat-Nya dari kuasa kegelapan dan memindahkan ke dalam kerajaan Anak-Nya yang kekasih. Hal ini berbicara tentang karya Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan dari dosa adalah sebuah kasih karunia yang harus disyukuri dengan hidup yang dewasa dalam iman.

Refleksi:
Renungkan, apakah saudara telah memiliki kedewasaan iman? Tanda dewasa dalam iman  adalah cakap, tahan, tangguh mempertahankan hidup yang layak dan berkenan kepada Allah.

Tekad:
Berjuang, bertekun, tetap teguh dan tidak tergoncangkan dari pengharapan Injil (Kol 2:23)

Tindakan:
Mewujudkan kedewasaan iman kepada Tuhan dengan hidup berkenan dan layak di hadapan-Nya, memberi buah dalam segala pekerjaan baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«