suplemenGKI.com

Sabtu, 9 Juli 2011.

08/07/2011

Roma 8 :  1 – 11.                

Karya Roh Kudus dalam hidup orang percaya.

Dua kata yang disebut berulang-ulang dalam pasal 8 adalah kata daging ( sarx ) dan kata roh ( pneuma ). Kita tidak akan mengerti  bagian  ini kecuali kita mengerti maksud Paulus ketika ia memakai kata-kata ini.

  1. Apa yang dimaksud dengan kalimat ‘hidup menurut daging’ ? ( ayat 5 )
  2. Apa yang dimaksud dengan kalimat ‘hidup menurut Roh’ ? ayat 5
  3. Bagaimana kedua hal tersebut berpengaruh dalam kehidupan orang Kristen ? ayat 1-4, 6-8.
  4. Bagaimana seharusnya kehidupan orang percaya ? ayat 9-11.

RENUNGAN.

Yang dimaksudkan ‘hidup menurut daging’ dalam konteks pasal 8 adalah ‘segala kelemahan dan tabiat manusia yang mudah jatuh ke dalam dosa’. Hal itu merupakan suatu kehidupan yang dikuasai oleh suara dan keinginan dari tabiat manusia yang berdosa yang terpisah dari Kristus. Oleh sebab itu Paulus menegaskan bahwa hidup menurut daging merupakan lawan dari hidup menurut Roh [ ayat 4,5], mereka yang hidup dalam daging tidak berkenan kepada Allah [ ayat 8 ], bahkan rasul Paulus mendaftarkan keinginan daging secara lengkap [Gal 5 : 19-21 ].  Jika kita cermati bagian ini sebenarnya kehidupan yang dikuasai oleh keinginan daging menunjuk kepada kehidupan manusia yang belum mengenal Kristus. Akan tetapi kenyataannya banyak orang Kristen yang juga hidup dikuasai oleh keinginan daging. Mengapa bisa demikian ? hal itu disebabkan, karena orang Kristen belum sungguh-sungguh percaya kepada Kristus, sehingga Roh Kudus tidak berkarya daam hidupnya.

Berbeda dengan orang Kristen yang hidup menurut Roh, adalah kehidupan yang dikuasai oleh Roh Allah. sebagaimana manusia hidup dalam udara, begitulah ia hidup didalam Kristus, tak pernah terpisah dariNya. Sebagaimana ia bernafas didalam udara dan udara itu memenuhinya, demikianlah Kristus memenuhi hidupnya. Pikirannya bukan pikirannya sendiri, melainkan Kristus. Keinginannya bukan keinginannya sendiri, melainkan keinginan Kristus. Hidupnya dikendalikan oleh Kristus sehingga terus terfokus untuk melakukan kehendak Allah.

Setiap orang Kristen seharusnya hidup menurut Roh, akan tetapi dalam kenyataannya seringkali gagal. Walaupun kita sudah berjuang agar kita dapat melakukan kehidupan ini dengan sebaik mungkin, namun seringkali tabiat manusia yang berdosa yang mengendalikan kehidupan kita, dengan gaya hidup mau enaknya sendiri dan tidak mau dipimpin oleh Kristus. Ketika kehidupan kita mulai dikendalikan oleh keinginan daging, kita harus secepatnya berbenah diri untuk kembali mengarahkan hidup kita kepada Tuhan. Dan untuk seterusnya perkenankanlah hidup kita terus dipimpin dan di control oleh Kristus. Bagaimana seharusnya orang Kristen hidupnya secara terus-menerus dipimpin oleh Roh Kudus ?

  1. Sediakan waktu secara rutin bersekutu dengan Tuhan secara pribadi.
  2. Selidikilah Firman Tuhan dengan cermat dan lakukanlah setiap kebenaran Firman Tuhan.
  3. Mintalah pertolongan Roh Kudus didalam doa agar hidup dalam kemenangan.
  4. Jangan sombong dan merasa diri anda sebagai orang yang kuat.

Bersediakah saudara hidup dipimpin oleh Roh Kudus ? kiranya Tuhan kita Yesus Kristus memberkati kita dengan kekuatan. Amin.

 “Roh Kudus berkarya dalam hidup orang yang membuka hati untukNya”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«