suplemenGKI.com

Kisah Para Rasul 19:1-7

 

“Bertumbuh Bersama Di Dalam Tuhan”

Pengantar:
Dalam persekutuan sesama anak-anak Tuhan salah satu yang menjadi panggilan kita adalah menolong sesama anak-anak Tuhan agar saling bertumbuh dalam hidup beriman kepada Tuhan. Dalam rangka itulah Tuhan dapat memakai sesama anak-anak Tuhan untuk saling mengingatkan, saling menguatkan dan saling mengkonfirmasi apa yang perlu demi bertumbuh bersama di dalam Tuhan. Paulus berkata dalam Galatia 6:2 “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus? Tema renungan kita hari ini adalah “Bertumbuh bersama di dalam Tuhan”

Pemahaman:

  1. Apakah yang melatar belakangi pertanyaan Paulus kepada murid-murid di ayat 2-3?
  2. Apa penghayatan dari pernyataan, tindakan Paulus dan respons murid-murid di ayat. 4-7?

Dalam karya pekabaran Injil Paulus berkeliling ke berbagai daerah, di sana ia mendirikan jemaat-jemaat. Sebagai misionaris Paulus tidak menetap dalam waktu lama di sebuah jemaat, itu sebabnya dia selalu mempercayakan kepada orang lain untuk melanjutkan pelayanan terhadap jemaat tersebut. Hal itu yang kita jumpai dalam bacaan hari ini, Apolos melanjutkan pelayanan di jemaat Korintus, sementara Paulus melanjutkan pemberitaan Injil ke daerah-daerah lain. Konteks Kisah Para Rasul 19:1-7 ini Paulus sedang berada di kota Efesus dan berjumpa dengan beberapa murid. Dari keterangan ayat 3 murid-murid itu adalah mereka yang percaya, bertobat dan memberi diri dibaptis oleh Yohanes Pembaptis (Band. Mark 1:2-4). Jumlah mereka adalah dua belas orang. Hal yang menarik adalah dua pertanyaan Paulus kepada murid-murid itu, 1) Sudahkah kamu menerima Roh Kudus ketika kamu menjadi percaya?”. 2) Dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?. Dari jawaban murid-murid itu (v.2b) Paulus menangkap bahwa murid-murid tersebut masih memahami ajaran Kristus pada tingkat yang paling dasar, dengan mengikuti ajaran Yohanes Pembaptis yang adalah pembuka jalan bagi Kristus (Lih. Mark 1:7-8), karena memang Yohanes Pembaptis tampil adalah untuk mengarahkan semua pendengarnya agar percaya kepada Yesus (Mat 3:11). Apa yang dilakukan Paulus di ayat 4-7, secara gamblang dapat dihayati bahwa Paulus sedang menolong mereka agar mengarahkan percayanya kepada Yesus, dan dengan pertolongan Roh Kudus mereka mengalami karunia-karunia Roh Kudus (Lih. v.6). Dari pemahaman ini kita belajar betapa penting menolong sesama anak Tuhan untuk bertumbuh dan efektif melayani Tuhan.

Refkesi:
Saudara-saudara alangkah indahnya ketika bisa melihat sesama anak-anak Tuhan maju dan bertumbuh dalam melayani Tuhan. Sebenarnya kita semua dipanggil untuk menolong sesama anak Tuhan agar bertumbuh dalam iman dan pelayanan kepada Tuhan dengan baik.

Tindakanku:
Mari kita aplikasikan firman Tuhan hari ini dengan sukacita boleh menolong sesama anak-anak Tuhan agar kita boleh bersama-sama bertumbuh dalam Tuhan dan dalam pelayanan.

Tekadku:
Ya Tuhan, kami bersyukur karena Engkau menempatkan kami di antara sesama anak Tuhan, biarlah kami boleh saling peduli demi bertumbuh dalam Tuhan dan pelayanan bersama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«