suplemenGKI.com

Penyertaan KuasaNya

Markus 11:27-33

Pengantar
                Jikalau kita ditanya:Apakah yang kamu andalkan dalam menjalani hidup ini? Ada beberapa jawaban yang kita dapatkan, antara lain: harta, kekayaan, kepandaian, kedudukan, orang tua, tampang dan lain-lain. Banyak orang merasa nyaman ketika harta melimpah, namun ada yang merasa nyaman kalau kepandaian ia miliki, dilain pihak ada yang merasa nyaman kalau memiliki kedudukan yang tinggi karena akan dihormati banyak orang. Bagaimana seharusnya dengan orang percaya hidup di dunia ini?

Pemahaman

Ay 27-28, Apa yang dipertanyakan oleh ahli-ahli Taurat, Imam-imam kepada dan tua-tua Yahudi kepada Yesus?

Ay 29-30, Apa jawaban Yesus atas pertanyaan yang mereka ajukan?

Ay 31-32, Apa yang mereka perbincangkan tentang Yohanes pembaptis?

Ay 33, Apa yang Yesus katakan kepada mereka?

Yesus sering kali memanfaatkan halaman Bait Allah untuk memberikan pengajaran bagi umat Isarel, kebiasaan ini diketahui secara umum sehingga banyak orang yang dapat mendengarkan pengajaranNya dengan mudah. Yesus memberikan pengajaranNya secara terbuka bukan secara sembunyi-sembunyi atau tertutup.

Maka ketika Tuhan Yesus sedang memberikan pengajaranNya kepada umat Israel di halaman Bait Allah,  datanglah imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan Tua-tua Yahudi yang ingin bertanya kepada Yesus. Rupanya mereka sudah lama mengamati Yesus dan ingin bertanya kepadaNya: “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepadaMu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?

Tentunya pertanyaan mereka ada kaitanya dengan peristiwa waktu Yesus menyucikan bait Allah (ay 15-19) atau pelayanan Yesus yang menunjukkan kuasa Ilahi. Namun bisa juga pertanyaan mereka berkait dengan otoritas mereka, mereka menganggap bahwa mereka yang mendapat otoritas untuk dapat mengunakan bait Allah dan mereka yang diberi kuasa penuh untuk mengajarkan kepada umat Israel, namun tiba-tiba Yesus mengambil semuanya ini. Maka pertanyaan yang mendasar bagi mereka, dengan kuasa manakah Yesus melakukan hal-hal ini sangat penting bagi mereka.

Namun jawaban Yesus, justru memojokkan mereka dengan memberikan pertanyaan:Baptisan Yohanes itu dari sorga atau dari manusia? Mereka sangat paham dengan Yohanes pembaptis dan apa yang Yohanes pembaptis kerjakan, namun mereka tidak percaya dengan apa yang dilakukan oleh Yohanes. Sehingga mereka pura-pura menjawab tidak tahu. Maka Yesuspun enggan menjawab pertanyaan mereka.

Refleksi
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: seberapa besar saudara percaya akan kuasa Allah yang bekerja dalam hidup saudara? Seberapa besar saudara mengandalkan Tuhan dalam hidup saudara?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, ampunilah kami kalau mengandalkan kekuatan diri sendiri, dan ajarkanlah kami mengandalkan kekuatanMu dalam menjalani hiudp ini.

Tindakanku
Hari ini saya menyadari ada kuasaNya yang bekerja dalam hidup saya, maka saya mengandalkan Tuhan Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«