suplemenGKI.com

Sabtu, 9 April 2016

08/04/2016

APAKAH ENGKAU MENGASIHI AKU?

Yohanes 21:15-19

 

PENGANTAR
Apakah Andatermasuk di antara orang-orang Kristen yang mengikut Kristus dengan sepenuh hati?Pada kenyataannya, tidak sedikit orang Kristen yang mengikut Dia dengan setengah hati. Apakah ada perbedaan di antara mereka? Tentu saja! Orang-orang yang mengikut Kristus dengan sepenuh hati akan mewujudkan kasih-Nya kepada Kristus dengan tindakan nyata. Mereka akan terlibat dalam pelayanan dengan motivasi yang benar, yaitu sebagai wujud kasih mereka kepada Sang Juruselamat. Selain itu, mereka juga lebih tangguh dalam menghadapi tantangan dan kesulitan.

PEMAHAMAN

Ay. 15-17   Mengapa Yesus mengulangi pertanyaannya kepada Petrus hingga tiga kali? Mengapa pertanyaan ini disusul dengan perintah ”Gembalakanlah domba-domba-Ku”?

Ay. 18-19   Nubuat apa yang Yesus sampaikan mengenai Petrus? Mengapa Yesus mengatakan hal ini kepada Petrus?

Ada beberapa penjelasan mengenai pertanyaan Yesus kepada Petrus “Apakah engkau mengasihi Aku” yang diulang hingga tiga kali. Ada yang berpendapat bahwa pengulangan ini berkaitan dengan kegagalan Petrus yang pernah menyangkal Yesus sebanyak tiga kali. Ada juga yang berpendapat bahwa ini bukan sekadar pengulangan karena Yesus menggunakan kata-kata yang berbeda untuk masing-masing pertanyaan tersebut. Tentu saja, pendapat-pendapat di atas tidaklah salah. Namun, secara sederhana, kita dapat melihat bahwa pengulangan semacam ini dimaksudkan untuk mendapatkan jawaban yang tegas dan sungguh-sungguh. Ketegasan dan kesungguhan itu diperlukan karena kasih kepada Kristus harus diwujudkan dengan kesediaan untuk melakukan perintah-Nya.

Kesungguhan kasih kita kepada Kristus juga mutlak diperlukan karena sebagai murid-murid-Nya kita akan menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan, khususnya pada waktu kita hendak melakukan perintah-Nya. Yesus memberitahu Petrus tantangan dan kesulitan yang akan dihadapinya kelak agar Petrus dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya.Sungguh menarik bahwa setelah menubuatkan tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi Petrus, Yesus melanjutkan dengan ajakan yang lembut, “Ikutlah Aku” (ay.19).

REFLEKSI
Apakah aku mengikut Kristus dengan sepenuh hati? Apakah aku sudah mewujudkan kasihku kepada Yesus dengan tindakan yang nyata?

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku untuk memurnikan motivasi pelayananku. Aku ingin melayani Engkau dan melayani sesamaku dengan hati yang tulus, yaitu untuk mewujudkan kasihku kepada-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan memeriksa diri: apakah selama ini aku melayani dengan hati yang tulus?  Aku akan berusaha menyingkirkan motivasi-motivasi yang salah dalam pelayananku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«