suplemenGKI.com

Sabtu, 8 Maret 2014

07/03/2014

Bacaan : Matius 4 : 1-11

“Ketika Pencobaan Datang”

PENGANTAR
Iblis paham betul dalam memberikan iming-iming kepada manusia, sehingga manusia terpikat dengan godaannya. Sang penggedoa, Nampak mengenal dengan baik berbagai kelemahan manusia, sehingga jika tidak hati-hati dan waspada maka dengan mudah kita jatuh dalam perangkapnya! Bagian Al kitab kali ini memperlihatkan Yesus berada di padang gurun dan mengalami berbagai percobaan dari iblis, sang penggoda itu.

PEMAHAMAN
Ayat 3: Apakah yang dikatakan si pencoba itu kepada Tuhan Yesus di kesempatan pertama? Ayat 5: Apakah yang dilakukan dan dikatakan si pencoba itu kepada-Nya di kesempatan kedua? Ayat 8: Apakah yang dilakukan dan dikatakan si pencoba itu kepada-Nya di kesempatan ketiga?

Roh (Kudus) membawa Yesus ke padang gurun dan memberi kesempatan kepada iblis untuk menguji-Nya! Sebetum peristiwa pengujian ini ada peristiwa penting yang sudah berlangsung yaitu Yesus dibaptis oleh Yohanes. Dan pada saat itu juga dinyatakan perkenan Bapa di Surga dengan penampakan Roh Alfah yang turun ke atas Yesus seperti burung merpati (Matius 3:13-17). Jadi Roh yang muncul di peristiwa baptisan itu sekaligus juga menjadi promotor bagi Yesus untuk diuji di padang gurun!
Dalam bacaan kita ada 3 bentuk penerbaan yang sering kita jumpai
Pertama Ayat 3 ujian pertama yang berkaitan dengan kondisi Tuhan Yesus yang saat itu sedang lapar. Iblis menawarkan penyelesaian yang cepat dan nampak logis, yaitu mengubah batu jadi roti! Apakah ada kesulitan bagi Yesus untuk melakukan hat itu? Jelas tidak! Dalam waktu yang singkat pasti Dia bisa melakukan hal yang bagi kita pastilah mustahil untuk kita lakukan. Tetapi Yesus tidak memenuhi permintaan si pencoba,

Kedua Ayat 5 si pencoba membawa Tuhan Yesus ke Yerusalem dan menaruh-Nya di bumbungan Bait Allah, dan menyuruh-Nya menjatuhkan diri ke bawahi Jika Yesus memenuhi hat itu—menurut si pencoba, Dia tidak akan mengalami nasib buruk karena ada malaekat Tuhan yang akan menatang-Nya. Iblis meskipun tidak pernah ikut PA nampak cakap mengutip Mazmur 91:11-12. Perlu diketahui bila kita jatuh dari situ, maka bebatuan lembah Kidron yang ada di bawah bait Alfah itu akan meremukkan tubuh kita, mengingat ketinggian bumbungan bait suci ke lembah Kidron sekitar 200 meter!! Sekali lagi Yesus menampik permintaan si pencoba.

Ketiga Usaha terakhir dari si pencoba adalah membawa Yesus ke bukit yang sangat tinggi dan dari situ diperlihatkanlah semua kerajaan di dunia dengan segala kemegahannya. Semuanya itu akan diberikan iblis kepada-Nya asal Yesus sujud menyembahnya! Dan untuk yang terakhir ini pula Yesus berkata tidak!

Ujian yang pertama datang saat kita sedang membutuhkan kebutuhan kita yang paling mendasar— seperti misalnya makan. Saat makanan yang enak sedang kita nikmati, maka kita jarang mengingat bahwa tubuh yang kita penuhi kebutuhannya ini bukan semata-mata milik kita. Tubuh kita ini juga milik-Nya, sehingga apakah pantas kita hanya melulu ingin memuaskan lidah ataupun mulut kita tanpa peduli bahwa makanan yang masuk ke mulut tersebut bisa jadi membunuh kita?

Ujian kedua adalah kerap kali kita mengaggap bahwa hal-hal yang sensasional, adi kadrati tanda-tanda ajaib menjadi sebuah patokan terhadap kedewasaan iman dan kuasa pertolongan Allah bisa diatraksikan / di pamerkan sehingga dapat menarik orang lain.

Sehingga orang lain menjadi terkesima melihatnya disaat seperti itu kita telah gagal menjadi murid Kristus dan menjadi sombong rohani.

Ujian ketiga adalah godaan yang paling berat. Maklum yang ditawarkan adalah kekuasaan, siapa yang tidak kenal kekuasaan? Dengan kekuasaan kita bisa menolong orang lebih banyak atau sebaliknya kita menyalahgunakan sehingga kita makin kaya dan makin tidka peduli.

REFLEKSI
Perncobaan datang kapan saja, dan siap menjatuhkan saudara apakah saudara sering menang atau kalah menghadapi pencobaan? Apa modal saudara dalam menghadapi pencobaan?

TEKADKU
Ya tuhan tolonglah saya agar supaya saya selalu bersama dengan Tuhan agar menang menghadapi pencobaan

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan lebih tekun belajar FirmanNya agar saya menang melawan segala macam godaan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«