suplemenGKI.com

Mengandalkan Tuhan

Lukas 9:1-6

Pengantar
               Setiap orang yang mau usaha atau bekerja biasanya punya modal, entah itu berkaitan dengan uang, bakat, kemampuan atau bahkan relasi dengan orang lain. Bahkan banyak orang dapat bertahan hidup dengan baik dan malah sukses ketika mereka mengandalkan semangat juang yang tiada hentinya. Bagaimana dengan orang yang percaya ketika sedang bekerja diladang-Nya Tuhan, apa yang kita andalkan?

Pemahaman
Ay 1-2, Apa yang Yesus lakukan untuk mengutus ke 12 muridNya?
Ay 3-4, Apa yang Yesus pesankan untuk perjalanan mereka?
Ay 5-6, Apa yang harus dilakukan oleh murid-murid dalam pelayanan?

Tiba saatnya bagi Tuhan Yesus untuk mengutus murid-murid-Nya ke ladang pelayanan yang sesungguhnya. Tuhan Yesus memberikan tenaga atau kekuatan dan kuasa untuk mengatasi kuasa setan-setan dan menyembuhkan orang yang sakit yang mengikat banyak orang, dan Yesus juga berpesan untuk murid-murid-Nya tidak lupa memberitakan Kerajaan Allah.

Namun Tuhan Yesus juga berpesan untuk mereka tidak membawa bekal atau uang dalam perjalanan tersebut. Beberapa hal yang perlu diingat mereka, kalau mereka diterima oleh orang, maka mereka boleh tinggal di tempat itu. Namun kalau mereka tidak diterima oleh orang tersebut, maka mereka juga harus meninggalkan tempat tersebut.

Lalu mereka pergi berkeliling dari desa ke desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan banyak orang sakit.

Tuhan Yesus ingin mengajarkan kepada murid-murid-Nya untuk tidak mengandalkan perbekalan yang mereka punyai atau uang yang mereka miliki atau sesuatu yang mereka punyai. Tuhan Yesus ingin murid-murid-Nya benar-benar bersandar kepada-Nya. Bersandar dalam semua aspek kehidupannya, mulai dari perjalanan, waktu berjumpa dengan orang atau waktu akan tinggal di mana, mereka benar-benar bersandar kepada Tuhan. Tuhan Yesus mengingatkan mereka bahwa Tuhan sanggup mencukupkan kebutuhan mereka setiap hari, walaupun mereka belum melihatnya.

Bagaimana dengan kehidupan kita sehari-hari? Siapa atau apa yang kita andalkan dalam perjalanan hidup ini? Seberapa besar kita bersandar kepada-Nya?

Refleksi
Ambil waktu untuk merenungkan: Apa yang saya andalkan selama ini dalam hidup saya? Dimanakah Tuhan saya tempatkan dalam hidup ini?

Tekadku
Ya Tuhan, ampuni kami kalau kami lebih mengandalkan harta, kemampuan dan teman kami dalam menjalani hidup ini. Ajarkan kami terus menerus untuk senantiasa bersandar kepada-Mu.

Tindakanku
Hari ini ketika saya dapat bekerja atau belajar atau di dalam rumah, saya mau mempercayai itu semua karena kebaikan Tuhan dalam hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«