suplemenGKI.com

HARI TUHAN

Bacaan:
II Petrus 3:1-18

Pengantar
Hari Tuhan yang biasa dikenal dengan akhir jaman, sering ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang percaya. Namun pada kenyataannya hari Tuhan yang dinanti-nantikan itu tidak kunjung-kunjung datang, sehingga orang yang tidak percaya mulai mengejek-ejek dan mengolok-olok orang percaya yang mempercayai hari Tuhan akan tiba. Harus bersikap bagaimanakah orang yang percaya menantikan kedatangan hari Tuhan?

Pemahaman
Ayat 1 – 4, Apa yang dikatakan oleh orang-orang yang tidak mempercayai akan datangnya hari Tuhan?
Ayat 5 – 10, Datangnya hari Tuhan digambarkan dengan apa? Dan bagaimana reaksi orang-orang yang tidak percaya?
Ayat 11 – 14, Tanda-tanda apakah yang akan mendahului kedatangan hari Tuhan?
Ayat 15 – 18, Sikap apakah yang harus dimiliki oleh orang yang percaya menjelang hari Tuhan?

Petrus menasihati jemaat yang ada di perantauan agar mereka terus-menerus mengingat akan perkataan nabi-nabi dan akan perintah Tuhan Yesus tentang akhir jaman. Bahwa menjelang hari Tuhan akan muncul orang-orang yang mengejek iman orang percaya, mereka ini hidup hanya menuruti hawa nafsunya saja, mereka mempertanyakan: kapan kedatangan hari Tuhan? Dari dulu dibicarakan namun selalu tidak kunjung datang.

Petrus mengingatkan bahwa Tuhan berjanji selalu ditepati, Tuhan tidak pernah lalai dalam menepati janjiNya. Yang terjadi justru Tuhan bersabar dengan orang-orang yang berdosa supaya bagi mereka ada kesempatan untuk kembali ke jalan yang benar sebelum kedatangan Hari Tuhan tersebut.

Petrus menyamakan kedatangan hari Tuhan sama seperti pencuri. KedatanganNya tidak bisa diperkirakan atau ditebak, datangnya selalu tiba-tiba, seperti seorang pencuri yang masuk ke rumah kita. Namun Petrus juga memberikan gambaran bahwa menjelang hari Tuhan, alam semesta ini akan kacau balau dan terjadi kehancuran dimana-mana.

Petrus menasihati jemaatnya untuk tetap tenang menjelang hari Tuhan, namun tetap menjalani hidup ini dengan berusaha supaya berkenan kepada Tuhan.

Petrus menganjurkan jemaat untuk waspada dengan pengajaran-pengajaran yang akan menyesatkan banyak orang  menjelang hari Tuhan. Oleh sebab itu berpegang teguh kepada pengajaran yang benar sangat penting sekali, dan terus bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan Yesus menjelang hari Tuhan tiba.

Refleksi
Merenungkan saat hari Tuhan tiba, dan kita berjumpa dengan Tuhan Yesus. Apa yang kira-kira akan Saudara katakan kepada Tuhan Yesus? Apakah Saudara akan menjadi orang yang siap berjumpa denganNya? Atau Saudara katakan belum siap berjumpa denganNya?

Tekadku
Menyiapkan diri untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus dengan cara semakin mengenal Dia dalam pertumbuhan rohani.

Tindakanku
Menyiapkan diri secara maksimal berjumpa Tuhan di dalam kebaktian hari Minggu ini dengan baik, sebagai persiapan berjumpa Tuhan di dalam Hari Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«