suplemenGKI.com

FILIPI 3:12-14

KEJARLAH HAL-HAL SORGAWI

 

Pengantar
Apakah tujuan hidup orang yang beriman kepada Kristus? Adakah mengejar hal-hal duniawi? Atau berusaha semakin mengenal Kristus dan meraih hal-hal sorgawi? Pertanyaan itu perlu diajukan kepada semua orang yang mengaku pengikut Kristus. Kenyataan seringkali bertentangan dengan ucapan. Dengan manisnya banyak orang mengatakan bahwa sebagai pengikut Kristus hal-hal surgawilah yang penting, namun kenyataannya berbicara lain. Banyak pengikut Kristus hidup dalam keduniawian ketimbang berusaha mencapai pengenalan akan Kristus dan mengejar hal-hal sorgawi. Tuntutan gaya hidup dan ekonomi menjadi alasannya.

Pemahaman

Ayat 13-14           Apa tujuan hidup yang seharusnya dicapai oleh setiap pengikut Kristus?

Paulus menyampaikan kesaksian melalui suratnya kepada jemaat Kristen di Filipi. Melalui kesaksian itu Paulus hendak menyampaikan pentingnya mencapai pengenal akan Kristus dan meraih hal-hal sorgawi (ay13-14). Paulus meras perlu menyampaikan hal ini agar jemaat Kristen di kota Filipi menyadari bahwa sebagai pengikut Kristus, kedagingan harus ditanggalkan dan memberikan diri dipimpin oleh Roh. Itu berarti tidak lagi hidup dimasa lalu yang penuh dengan dosa, namun hidup membangun masa depan yang seturut kehendak Allah.

Umat dimasa sekarang diajak untuk melihat tujuan hidupnya. Adakah sebagai pengikut Kristus tujuan hidup kita hanya semata-mata mencapai hal-hal material? Atau sebagai pengikut Kristus kita berusaha mencapai kepuasan duniawi yang bersifat semu? Jawaban atas pertanyaan ini tentu ada pada diri setiap orang.

Materi adalah hal yang semu. Uang dan kekayaan hanyalah sementara. Semua tidak akan membawa kita mencapai pengenalan akan Kristus. Semuanya adalah kedagingan. Tidak ada hal sorgawi yang dijumpai dalam materi. Paulus mengingatkan bahwa pengenalan akan Kristus jauh lebih penting, mengapa? Karena dengan mengenal Kristus kita akan tahu apa tujuan hidup kita didunia, bagaimana mencapai kebahagiaan sorgawi? Apa yang harus kita lakukan untuk bisa memperoleh bagian dalam kerajaan sorga?

Refleksi
Sudahkah kita mengejar hal-hal rohani dalam hidup kita? Sudahkah pengenalan akan Kristus menjadi hal yang penting untuk dicapai?

Tekadku
Ya Allah, tolong kami untuk hidup dalam Roh. Mampukan kami untuk berusaha meraih hal-hal sorgawi dan bukan duniawi

Tindakanku
Tekun dalam pengenalan akan Kristus. Salah satunya dengan membaca dan menggali Alkitab.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*