suplemenGKI.com

TUHAN TELADAN HIDUP

EFESUS 4:25-5:2

Pengantar
Di tengah masa pandemi yang kita hadapi saat ini tidak sedikit orang hidup dalam keegoisan dan ketidakpedulian. Kondisi itu semakin parah ketika berita-berita yang mengandung unsur ketidakbenaran atau hoax beredar dimana-mana. Media-media sosial, media elektronik, surat kabar, berisi berbagai ujaran kebencian, arogansi, permusuhan dan hal-hal negatif lainnya. Menjadi seorang Kristen di tengah situasi dan kondisi seperti ini tentu memberi tantangan tersendiri. Setiap orang Kristen dituntut memiliki sikap hidup yang berbeda dengan sekitarnya yang penuh dengan hal-hal negatif.

Pemahaman
Pasal 4:25-32               Apa saja nasihat penting yang disampaikan Paulus dalam suratnya kepada jemaat Kristen di Efesus ?
Pasal 5:1-2                   Siapakah yang sepatutnya menjadi contoh dan teladan hidup orang Kristen ?

Paulus menyampaikan berbagai nasihat penting kepada jemaat Kristen di kota Efesus. Nasihat yang disampaikan menyangkut etika hidup orang Kristen. Khususnya keterkaitan dengan hidup bersama dalam persekutuan jemaat. Paulus nampaknya mengingatkan jemaat Kristen di Efesus agar menyadari sepenuhnya keberadaan diri sebagai orang-orang yang telah diselamatkan dan sebagai pengikut Kristus. Paulus mendorong jemaat Kristen di Efesus untuk membangun sikap hidup Kristen atau secara nyata mempraktekkan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan persekutuan. Tentu hal ini bertujuan agar jemaat Kristen dapat menjadi teladan bagi masyarakat Efesus yang masih menyembah dewa-dewi.

Paulus menasehati agar setiap orang menjauhkan diri dari perilaku negatif seperti berkata dusta, perilaku menyimpan kemarahan terus menerus, tidak mencuri namun harus bekerja, tidak berkata kotor, tidak mendukakan Roh Kudus, dan lain sebagainya. Hal-hal negatif harus disingkirkan dalam diri setiap orang Kristen di persekutuan agar persekutuan dipenuhi damai sejahtera. Paulus mengingatkan agar setiap orang memandang kepada Kristus dan menjadikan Kristus sebagai teladan.

Memang sangat mengherankan karena di tengah situasi dan kondisi yang berat ini hidup bersama orang lain dipenuhi dengan kebencian, amarah, dendam dan semangat saling menjatuhkan. Bukankah dalam situasi dan kondisi saat ini, persekutuan Kristen seharusnya memperlihatkan keteladanannya ?  Menghadirkan hal-hal positif dan menghadirkan kebaikan buat semua orang.

Surat Paulus kepada jemaat Kristen di Efesus mengajak umat Allah untuk menjadi orang Kristen yang menjadikan Kristus sebagai teladan. Bukan orang Kristen yang hanya di KTP saja. Di saat-saat seperti ini, kelemahlembutan, kepedulian, kasih sayang, sapaan yang memberi semangat sangat dibutuhkan. Orang-orang Kristen dan persekutuan Kristen harus mampu mewujudkan semuanya itu dalam hidup setiap hari.

Refleksi
Hidup orang Kristen sejatinya haruslah berpadanan dengan Injil Kristus. Hidup dalam persekutuan Kristen seharusnya setiap orang berlomba-lomba menghadirkan kebaikan-kebaikan dan hal positif,  bukannya saling menjatuhkan. Di tengah pandemi yang berat setiap orang Kristen dan persekutuan Kristen diajak untuk berlomba-lomba menjadi teladan.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami hidup dalam Roh Kudus agar kami dapat mengerjakan kehendak-Mu. Ajar kami untuk saling menerima, mengampuni dan menolong dalam persekutuan.

Tindakanku
Mengajarkan nilai-nilai hidup orang Kristen di tengah keluarga dan masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«