suplemenGKI.com

Markus 1 : 29 -39

DI PANGGIL UNTUK MENCINTAI

 

PENGANTAR
Betapa indahnya dunia ini ketika kita hidup saling mencintai. Yang letih lesu akan disegarkan, yang lapar dikenyangkan, yang lelah dikuatkan, yang sedih dihibur, yang bimbang diteguhkan. Demikianlah sepenggal kalimat seorang penulis bernama Anthony De Mello.

Jika ungkapan tersebut kita kenakan dalam kehidupan kita sehari-hari maka betapa dahsyatnya hal itu mempengaruhi kehidupan dimana kita berada. Melalui renungan kita hari ini kita akan belajar bagaimana Tuhan Yesus menyatakan cinta kasih-Nya kepada orang-orang yang membutuhkannya.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana Tuhan Yesus menunjukkan cinta kasih-Nya kepada mereka yang sakit dan dirasuk roh jahat ? ( ayat 29-34 )
  2. Bagaimana cinta kasih Yesus itu berpengaruh kepada kehidupan orang banyak, sehingga mereka terus mencari Tuhan Yesus ? ( ayat 35-39 )

Dalam bacaan Injil hari ini, Tuhan Yesus menunjukkan kasih-Nya kepada orang banyak. Kepada ibu mertua Simon Petrus yang sakit demam, Tuhan Yesus langsung menyembuhkannya (30-31). Kepada orang banyak yang menderita sakit, Tuhan Yesus juga menyembuhkannya. Bahkan yang kerasukan setanpun diusirnya ( ayat 32-34). Tuhan Yesus melakukan semua itu karena cinta kasih-Nya kepada mereka yang sakit, menderita, lemah dan mengalami persoalan. Cinta kasih yang nyata itulah yang hendak diajarkan kepada para murid-Nya agar dikemudian hari mereka juga bisa melakukan hal yang sama.

Cinta kasih yang nyata dari Tuhan Yesus, menjadikan Ia semakin dicintai dan dirindukan oleh banyak orang. Kita bisa membayangkan, ketika Tuhan Yesus menyembuhkan banyak orang yang sakit dan kerasukan setan. Pasti, perasaan mereka sangat senang kepada Tuhan Yesus, karena telah sembuh dari sakit penyakit dan terbebas dari kuasa setan. Sehingga mereka merindukan kehadiran Tuhan Yesus. Itu sebabnya di ayat 35-37, dikatakan “mereka semua mencari Tuhan Yesus”. Artinya, bahwa setelah mereka sembuh dari sakit penyakitpun mereka masih merindukan Tuhan Yesus. Ini juga berarti bahwa taburan cinta kasih Tuhan Yesus telah menyentuh dan bermakna dihati mereka.

Kitapun, sebenarnya juga dipanggil untuk memberi cinta kasih kepada sesama. Karena dengan mencintai sesama maka kita juga akan dicintai oleh banyak orang. Walaupun mungkin ketika kita mencintai dengan hati yang tulus, belum tentu orang tersebut dapat menerimanya, tetapi ketika kita mencintai sesama dengan hati yang tulus dan terus menerus pasti suatu ketika ia akan diubah oleh Tuhan. Cintailah sesama seperti Kristus mencintaimu.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Tahukah anda bahwa Tuhan Yesus mencintai anda ? Tetapi Tuhan Yesus juga mencintai orang lain juga, hal itu mengajarkan kepada anda supaya anda juga mencintai orang lain.

TEKADKU
Ya Tuhan, kami berterima kasih untuk cinta kasih-Mu kepada kami yang tiada bertara. Cinta kasih-Mu juga Engkau nyatakan kepada orang lain. Dan Engkau mengajarkan kami agar kami juga mencintai sesama dengan tulus ikhlas. Tolonglah dan bimbinglah kami agar kami mampu menyatakan cinta kasih kepada sesama.

TINDAKANKU
Mulai minggu ini saya akan berjuang untuk mengasihi sesama dengan hati yang tulus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«