suplemenGKI.com

Sabtu, 6 April 2019

05/04/2019

Yohanes 12:1-8

MINYAK NARWASTU BAGI YESUS

PENGANTAR
Seandainya Anda adalah salah seorang murid Yesus pada masa itu, dan Anda tahu bahwa waktu Yesus untuk menghadapi kayu salib sudah semakin dekat, apa yang akan Anda lakukan untuk mendukung Dia menuntaskan misi-Nya?

PEMAHAMAN
Yesus tahu bahwa waktu-Nya akan segera tiba, dan Dia harus segera mempersiapkan diri-Nya. Mengapa Yesus ke Betania? Betania adalah tempat persinggahan dan peristirahatan favorit bagi Yesus dan para murid. Di sana terdapat tiga bersaudara yang sangat menghormati dan mengasihi Yesus, yaitu Lazarus, Marta dan Maria

  • Ayat 1-3. Dengan cara apakah Marta menunjukkan kasihnya kepada Yesus? (ay.2)  Dengan cara apakah Maria menunjukkan kasihnya kepada Yesus? (ay.3)  Dalam hal apakah keduanya mempunyai kesamaan?
  • Ayat 4-8. Bagaimana respon Yudas terhadap tindakan Maria? (ay.4-5)  Mengapa dia bereaksi seperti itu? (ay.6). Apa yang dapat kita pelajari dari jawaban Yesus terhadap Yudas?

Baik Marta maupun Maria menunjukkan kasih mereka kepada Yesus dengan tindakan nyata.  Marta mempersiapkan perjamuan, sedangkan Maria membasuk kaki Yesus.  Sama seperti tindakan Marta, tindakan Maria sebenarnya juga merupakan bentuk penyambutan dan penghormatan kepada Yesus yang datang ke rumah mereka.  Namun, tindakan Maria ‘menghebohkan’ karena dia melakukannya dengan minyak narwastu yang mahal.

Semua orang yang hadir di sana pasti heboh membicarakan harga minyak narwastu itu.  Siapakah yang paling terusik oleh tindakan yang murah hati ini?  Seperti biasanya, orang yang paling egois. Yudas selalu menunggu kesempatan untuk mengambil keuntungan bagi diri sendiri, sementara Maria selalu menunggu kesempatan untuk memberi yang terbaik bagi Yesus.

Keagungan tindakan Maria semakin nyata karena dilakukan pada waktu yang tepat.  Terkait dengan kematian Yesus yang semakin dekat, pengorbanan Maria dengan minyak narwastu yang mahal itu mempunyai makna khusus dan menjadi bagian dari persiapan Kristus melaksanakan karya penebusan-Nya. Sebuah tindakan yang sederhana, jika dilakukan dengan sepenuh hati, dapat menjadi bagian dari karya-Nya yang agung, di luar perkiraan kita.

REFLEKSI
Sebagai murid Yesus di masa kini, apa yang Anda lakukan untuk mendukung Yesus mengerjakan misi-Nya? Jika Anda memiliki “minyak narwastu”, apakah Anda rela mempersembahkannya bagi-Nya?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah aku agar senantiasa melakukan yang terbaik dalam mewujudkan kasihku dan hormatku kepada-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan mempersembahkan “minyak narwastu”-ku kepada-Nya dengan cara memperbaiki kualitas pelayanan yang aku lakukan, khususnya dalam bidang pelayanan/ sebagai … … … … … … … … … … …

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«