suplemenGKI.com

MENYERUPAI SANG IDOLA

2 Tesalonika 2: 13-17

 

Pengantar

Ira adalah seorang gadis belia yang beberapa tahun belakangan begitu mengidolakan artis-artis Korea. Tidak begitu berbeda dengan gadis belia lainnya, ia membeli poster band Korea yang ia idolakan, album musiknya, juga berbagai aksesoris yang dipakai oleh idolanya.Ira rela mengeluarkan banyak uang demi mendekatkan kehidupannya pada sang idola walaupun hanya sebatas poster dan akesorisnya saja.  Dalam kehidupan beriman, apakah Tuhan Yesus menjadi idola Anda? Apakah yang telah Anda lakukan untuk mendekatkan kehidupan Anda dengan Sang Idola? Marilah kita merenungkannya melalui bacaan Alkitab hari ini.

 

Pemahaman

  • Ayat 13-14    : Mengapa Paulus mengucapkan syukurnya kepada jemaat di Tesalonika?
  • Ayat 15-17    : Apa berkat Tuhan yang disampaikan Paulus untuk kita?

 

Paulus menegaskan ucapan syukurnya kepada jemaat di Tesalonika karena karya dan tindakan Allah dalam Kristus sungguh nyata dalam kehidupan mereka. Kita dipilih untuk diselamatkan yakni bahwa kita telah dilepaskan dari sesuatu yang membahayakan atau kematian. Telah terjadi pemulihan keadaan jiwa dan tubuh sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan. Pengertian ini menekankan pada akibat dari penyelamatan itu, yaitu memulihkan hubungan antara orang-orang yang percaya dengan Allah dan kuasa-Nya. Tujuan keselamatan itu tak lain adalah supaya kita turut merasakan keagungan Tuhan kita Yesus Kristus. Dan kini kita pun beroleh kemuliaan Yesus Kristus.  Sungguh luar biasa karya Tuhan!

Apakah Anda mengagumi karya Tuhan ini? Sudah selayaknya kita terus mengagumi Tuhan dan karya keselamatannya. Sebagaimana saat kita mengidolakan seseorang, maka kita ingin mendekatkan kehidupan kita pada sang idola dan untuk itu kita rela memberikan apa pun, maka demikian pula saat kita mengagumi Tuhan, maka kita pun mendekatkan kehidupan kita pada Tuhan dan dengan penuh syukur memberikan apa yang terbaik kepada Tuhan. Bagaimanakah caranya? Orang beriman dipanggil untuk mengekspresikan rasa syukur atas karya Allah  melalui ketaatan terhadap pengajaran Injil dan setia mengikut Tuhan kemanapun ia melangkah. Demikianlah orang beriman diajak untuk menunjukkan karya keselamatan Allah dengan berpegang teguh pada Firman Tuhan.

Paulus mengingatkan bahwa karya keselamatan Allah akan membawa kita kepada perubahan hidup yang nyata. Hal itu bukan karena kehebatan manusia melainkan anugerah Kristus semata. Anugerah ini akan menjadi penghiburan dan kekuatan dalam pekerjaan dan perkataan yang baik. Demikianlah berkat Tuhan dalam hidup kita. Melalui berkat ini, Paulus mengajak kita untuk mampu menjadi manusia yang berbuat dan berkata baik, mencerminkan Kristus yang penuh kasih.

 

Refleksi

Berdirilah di depan cermin, pandangi wajah Anda dalam beberapa menit, kemudian pejamkan mata. Refleksikan, apakah selama ini Anda sungguh-sungguh mengagumi Tuhan yang telah menyelamatkan Anda? Apakah wajah kehidupan Anda mencerminkan karya kasih dan kemuliaan Tuhan Yesus Kristus?

 

Tekadku

Ya Tuhan, pakailah pikiran, perkataan dan perbuatanku untuk mendekatkan karya kasih dan kebaikan yang menyelamatkan orang-orang di sekitarku.

 

Tindakanku

Setiap pagi aku akan merancang satu perkataan atau pekerjaan baik sederhana yang ingin kulakukan bagi orang-orang  yang akan kujumpai di sepanjang hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«