suplemenGKI.com

Sabtu, 4 Mei 2013

03/05/2013

KASIH PERSAHABATAN

 

I Sam 20:1-23, 35-42

 

Pengantar
Persahabatan bisa terjadi dimana saja dan bahkan bisa terjadi kepada siapa saja, baik usia muda maupun tua, baik kaya maupun miskin. Biasanya persahabatan terjadi karena mereka sama-sama membutuhkan satu dengan yang lain, sehingga biasanya persahabatan itu bisa terjadi cukup lama bahkan bisa terjadi seumur hidup. Bacaan kita hari ini mencoba untuk melihat persahabatan antara Daud dan Yonatan.

Pemahaman
Ay 1-3            : Apa yang dibicarakan oleh Daud dan Yonatan?
Ay 4-11          : Kesepakatan apakah yang dibicarakan antara Daud dan
                             Yonatan?
Ay 12-17       : Daud dan Yonatan mengikat sebuah perjanjian, apa isi
                            perjanjian tersebut?
Ay 18-23       : Tanda tanda apakah yang akan dibuat oleh Yonatan untuk
                            menginformasikan sesuatu kepada Daud?
Ay 35-42      : Apa yang Yonatan lakukan kepada Daud?

Daud merasakan sekali bahwa raja Saul sangat membenci dia dan ingin membunuhnya, oleh sebab itu Daud dikejar-kejar oleh  raja Saul. Dan raja Saul terus berusaha untuk mencari kesempatan untuk membunuh Daud. Banyak hal yang membuat raja Saul iri dengan Daud, pertama keberhasilan Daud mengalahkan lawan-lawannya lebih banyak dibandingkan dengan raja Saul. Kedua, Daud mulai dipuji-puji oleh rakyat Israel sedangkan raja Saul tidak dipuji-puji lagi sehingga hati raja Saul panas dibuatnya. Ketiga, Tuhan sudah tidak berkenan kepada raja Saul dan menggantikannya dengan Daud. Bagi raja Saul kematian Daud akan memperpanjang masanya untuk memerintah bangsa Israel, sehingga dengan gencar ia terus berusaha untuk membunuh Daud dengan berbagai macam cara.

Dipihak lain Daud bersahabat dengan Yonatan putra raja Saul, dan Daud juga menghargai raja Saul.

Kegelisahan hati Daud dicurahkan kepada Yonatan, mula-mula Yonatan tidak mempercayai kalau ayahnya membenci Daud, dan ia akan memberitahu kepada Daud jika ia mendapati ayahnya membencinya.

Daud dan Yonatan membuat kesepakatan bersama sebagai sahabat. Yonatan akan memberitahu dan memberikan tanda-tanda kepada Daud kalau ia mengetahui raja Saul akan membunuhnya.

Pada waktu makan bersama Yonatan dan raja Saul tanpa dihadiri Daud, maka raja Saul marah kepada Yonatan karena ketidakhadiran Daud sahabatnya tersebut. Dengan demikianYonatan tahu bahwa raja Saul (ayahnya) sangat membenci Daud dan berusaha untuk membunuhnya. Maka itu berarti kegelisahan Daud benar bahwa raja Saul akan membunuhnya.

Kasih persahabatan Yonatan dengan Daud diuji, Yonatan tahu bahwa raja Saul adalah ayahnya, namun dilain pihak dia telah mengikat perjanjian setia dengan Daud.

Maka akhirnya Yonatan memberitahukan apa yang terjadi dalam diri orang tuanya (raja Saul) yang sedang membenci dan ingin membunuh Daud. Maka Daud beroleh kesempatan untuk pergi meninggalkan raja Saul.

Refleksi
Renungkan persahabatan Daud dan Yonatan? Dengan dasar apakah mereka membangun persahabatan tersebut?

Tekadku
Tuhan Yesus, kami ingin mengasihi sahabat kami dengan cara memperhatikan kebutuhan mereka. Berilah kesempatan kepada kami untuk meluangkan waktu untuk saling berbagi. Amin.

Tindakanku
Hari ini aku mau menghubungi sahabatku dan menanyakan apa yang dapat saya doakan. Dan saya akan langsung mendoakannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»