suplemenGKI.com

Sabtu, 4 Maret 2017

03/03/2017

Pencobaan

Matius 4:1-11

 

Pengantar
Sebagian besar dari kita mengetahui bahwa di dalam diri kita ada bagian-bagian yang lemah atau bagian yang menjadi kelemahan kita bukan persoalan fisik kita,namun sering kali berkaitan dengan emosi kita. Misalnya ada sebagian dari kita yang gampang marah, menangis, tertawa, bersungut-sungut dll. Maka kita mesti mewaspadai kondisi kita masing-masing dengan cara berjaga-jaga supaya tidak mudah masuk ke dalam berbagai pencobaan dan jatuh di dalam dosa. Mari kita belajar dari perjalanan hidup Tuhan Yesus ketika menghadapi pencobaan.

Pemahaman
Ay 1-2, Apa yang terjadi setelah Tuhan Yesus berpuasa 40 hari?
Ay 3-4, Apa yang dinyatakan oleh si pencoba dan apa jawaban Tuhan Yesus?
Ay 5-7, Apa yang dikatakan iblis dan apa jawaban Tuhan Yesus?
Ay 8-10, Apa yang ditawarkan iblis dan apa jawaban Tuhan Yesus?
Ay 11, Apa yang terjadi pada iblis dan apa yang dilakukan oleh malaikat-malaikat pada Tuhan Yesus?

Setelah Tuhan Yesus berpuasa 40 hari, tibalah saatnya untuk Tuhan Yesus makan. Maka iblis yang mengetahui keadaan dan kondisi Yesus yang sedang lapar itu, memancing emosi Yesus dengan mengatakan jika Engkau Anak Allah. Jelas Yesus adalah Anak Allah, namun Yesus dengan tenang tidak menuruti perintah  iblis untuk mengubah batu menjadi roti. Yesus menjelaskan ada yang lebih penting dari roti itu yaitu makan firman Allah yang keluar dari mulut Allah

Setelah itu iblis membawa ke bumbungan Bait Allah, dan sama seperti  yang pertama, iblis menyatakan jikalau Engkau anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu maka malaikat-malaikat akan menatang Engkau. Yesus menjawab janganlah engkau mencobai Tuhan Allahmu.

Lalu iblis membawa Yesus ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan semua kerajaan dunia dan kemegahannya. Dan iblis berkata kepada-Nya: semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku. Yesus berkata kepada iblis: Enyahlah iblis! engkau harus menyembah Tuhan Allahmu dan kepada-Nya engkau harus berbakti. Lalu iblis meninggalkan Yesus, dan seketika itu juga malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

Yesus mampu menghadapi  godaan iblis karena memakai Firman Tuhan. Yesus tahu betul bahwa hidup-Nya harus memuliakan Tuhan Allah, sehingga Yesus terus berjaga-jaga agar tidak jatuh dalam dosa pencobaan.

Refleksi
Ambil waktu sejenak dan renungkanlah: Apa kelemahan saya, yang gampang digoda oleh iblis?
Bagaimana saya menghadapi godaan tersebut?

Tekad
Ya Tuhan, seringkali kami merasa kuat dan kami lupa untuk berjaga-jaga dalam kehidupan ini, kami menganggap remeh tentang pencobaan di dunia ini. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya belajar memahami kelemahan saya dan terus berjaga-jaga supaya jangan jatuh dalam dosa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«