suplemenGKI.com

Sabtu, 4 Juli 2020

03/07/2020

Roma 7:15-25

 

JANGAN TERPENJARA OLEH DOSA

 

Pengantar
Pertentangan terbesar antara Taurat dan Injil terjadi di kalangan orang-orang Kristen di kota Roma. Pertentangan ini muncul karena persekutuan jemaat Kristen di kota Roma tidak hanya didominasi oleh orang-orang Yahudi Kristen yang masih berpegang pada Taurat tetapi juga orang Yahudi yang sepenuhnya telah menerima Kristus. Ditambah lagi ada orang-orang Yunani yang juga telah menerima berita Injil dan menjadi bagian dalam persekutuan jemaat. Pertentangan ini menimbulkan konflik yang berkepanjangan yang bisa berakibat pada perpecahan jemaat. Itulah sebabnya Paulus merasa perlu untuk menasehati Jemaat Kristen di kota Roma.

Pemahaman
Ayat 15-25           Bagaimanakah Paulus menjelaskan tentang aturan-aturan dalam adat istiadat keagamaan Yahudi  yang telah menyesatkannya ?

Tulisan-tulisan Paulus tidaklah dengan mudah dapat dipahami. Salah satunya terdapat dalam teks bacaan hari ini. Ucapan Paulus sangat sulit untuk dipahami. Sesungguhnya Paulus dalam teks bacaan tidak bermaksud menyerang Taurat yang secara jelas diberikan Allah bagi umat-Nya. Namun Paulus hendak memperbaiki cara pandang terhadap Taurat, sehingga jemaat Kristen dapat menempatkan hukum dan berbagai peraturan ditempat yang seharusnya.

Paulus tidak sedang membahas tentang Taurat secara rinci. Sebab apa yang Paulus hendak sampaikan dalam teks bacaan adalah pentingnya cara pandang yang benar terhadap Taurat. Bagi Paulus berbagai peraturan dalam Taurat yang telah dikerjakannya sebelum mengenal Kristus ternyata tidak membangun imannya secara benar. Paulus justru melakukan penindasan dan kekerasan. Seharusnya ketaatannya terhadap Taurat membawanya memperoleh keselamatan, namun justru kesesatan. Itu sebabnya Paulus berkata dalam ayat 19: “sebab bukan apa yang aku kehendaki , yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat yang aku perbuat”. Uraian Paulus ini memperjelas sikap Paulus bahwa  berbagai aturan Taurat itu tidak akan membawanya dalam keselamatan. Bagi Paulus keselamatan hanya ada dalam Kristus (bnd 7:24-25). Oleh sebab itu berbagai peraturan dalam Taurat seharusnya tidak lagi dipandang sebagai jalan keselamatan. Namun bukan berarti berbagai peraturan dalam hukum Taurat tidak berguna. Berbagai peraturan dalam hukum Taurat yang masih relevan tetap dapat dipergunakan atau diterapkan agar jemaat tidak jatuh dalam dosa.

Teks bacaan hari ini mengajarkan kepada umat Tuhan di masa sekarang bahwa berbagai aturan dan ketetapan dari Tuhan bertujuan untuk membantu umat dalam menjalani kehidupan yang baik dan benar. Berbagai aturan dan ketetapan dari Tuhan seharusnya bisa menjadi alat kontrol bagi masing-masing indvidu untuk hidup kudus dihadapan Tuhan.

Refleksi
Memahami aturan dan ketetapan dari Tuhan sangatlah penting. Peraturan dan ketetapan dari Tuhan bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia. Keselamatan tetap hanya ada dalam Kristus.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami hidup seturut dengan kehendak-Mu. Jangan biarkan kami hidup dibawah kendali kedagingan kami agar kami tidak jatuh dalam dosa.

Tindakanku
Terus dengan tekun membaca Alkitab dan mempelajari hukum-hukum Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«