suplemenGKI.com

Yesus Adalah Terang Dunia

 

Bacaan Yohanes :8:12-19

 

Pengantar
Alangkah sulitnya menyakinkan orang lain untuk sepaham dengan kita,  apalagi jika orang itu tidak mau membuka hatinya. Demikian juga terjadi ketika Tuhan Yesus berhadapan dengan orang-orang Farisi, yang menganggap bahwa dirinya lebih tahu segalanya dibandingkan dengan Yesus.

Pemahaman
Ay 12, Apa yang Tuhan Yesus nyatakan kepada orang banyak?
Ay 13, Apa yang dikatakan oleh orang Farisi?
Ay 14-18, Apa yang Tuhan Yesus jelaskan tentang keberadaanNya?
Ay 19, Apa yang dijelaskan Yesus kepada mereka semua? 

Dalam kitab injil Yohanes ini kita semakin dibukakan tentang siapakah Yesus itu? Karena melalui kitab inilah Yesus menyatakan tentang jati diriNya kepada orang banyak termasuk kepada orang-orang Farisi.

Tuhan Yesus memberanikan diri menyatakan bahwa Ia terang dunia dan barang siapa mengikut Dia, maka tidak akan berjalan dalam kegelapan dan akan mendapatkan hidup kekal. Hal ini tentunya disanggah oleh orang-orang Farisi yang mengatakan bahwa kesaksian Yesus tidak benar karena hanya disaksikan oleh Yesus sendiri bukan dari pihak lain.

Tuhan Yesus mengatakan bahwa kesaksianNYA benar karena bukan hanya diriNYA sendiri yang menyaksikannya namun Bapa juga menyaksikan tentang diriNYA. Untuk hal tersebut orang-orang Farisi menanyakan soal BapaNya, dan Yesus menjawab: baik Aku maupun BapaKU tidak kamu kenal.

Orang-orang Farisi sulit untuk menerima bahwa Yesus diutus oleh Bapa di Surga, karena bagi orang-orang Farisi Bapa Yesus adalah Yusuf si tukang kayu itu. Sehingga orang-orang Farisi sulit mempercayai Yesus adalah terang dunia.

Maka alangkah bahagianya saudara dan saya yang dapat mempercayai Yesus dan percaya bahwa Yesus juga terang dunia. Konsekuensinya adalah bahwa kita juga anak-anak terang, sama seperti Tuhan Yesus adalah terang. Terang selalu menghasilkan hidup yang baik dan benar, tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang gelap. 

Refleksi
Ambil waktu tenang sejenak, Renungkanlah apakah Yesus sudah menjadi terang dalam hidupmu? Hal-hal apakah yang tidak dapat membuat kita hidup dalam terang? Akuilah hal-hal itu dan mintalah pengampunanNYA?

Tekadku
Ya Tuhan, ampunilah kami kalau kami sering berkompromi dengan hal-hal yang gelap. Jadikanlah Yesus terang dalam hidupku dan jalanku.

Tindakanku
Berani meninggalkan hal-hal yang buruk dan yang tidak membangun iman. Memikirkan satu hal yang buruk yang sering saya lakukan dan berjanji hari ini tidak melakukan lagi. Misalnya : marah, iri, dengki, benci dll.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«