suplemenGKI.com

Matius. 24 : 29 – 36

Kepastian ditengah Ketidak Pastian !

Pengantar
Sedia payung sebelum hujan , peribahasa sederhana ini sering kita dengar yang intinya mengajak tanggap, sadar lingkungan, sadar waktu dan mengadakan PERSIAPAN yang BENAR. Juga untuk mengantisipasi suatu kejadian yang akan terjadi. Namun masalahnya kapan waktu yang tepat untuk kita melakukan persiapan ? Renungan hari ini mengingatkan kita untuk belajar menyikapi dengan bijak suatu KEPASTIAN ditengah KETIDAK PASTIAN, karena menyesal kemudian tak berguna !

Pemahaman
Ayat 29-31     :  Kejadian dahsyat apa yang diingatkan Tuhan Yesus ?
Ayat 32-33     :  Bagaimana Tuhan Yesus mengajar kita untuk membaca tanda zaman ?
Ayat 34-36     :  Penegasan apa yang Tuhan Yesus tekankan ?

Kedatangan Anak Manusia yang kedua kali, bukanlah seperti bayi kecil yang lembut seperti yang akan kita peringati pada saat-saat advent ini. Karena Dia akan datang dengan penuh kekuasaan dan kemuliaanNYA. Bahkan Tuhan Yesus mengingatkan (ayat 29) dan (ayat 21) sebelumnya, “Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Kegelapan yang paling gelap , pada saat itu semua manusia baru sadar dan akan meratap-ratap memohon pengampunan. Kabar baiknya Tuhan memerintahkan malaikatNya untuk mengumpulkan orang-orang pilihanNYA. 

Tuhan Yesus mengajar kita untuk cerdas membaca tanda zaman, dan mempersiapkan diri agar termasuk menjadi orang-orang pilihan, tidak ikut arus kehidupan dunia, sekalipun untuk itu kita dikucilkan maupun menderita siksaan karena namaNYA. Ya belajarlah dari pohon ara , kapan rantingnya melembut dan tumbuh tunasnya , akan masuk musim apakah saat itu ? , bandingkan dengan saat hidup kita sekarang ini ! .

Tuhan Yesus menegaskan , ( ayat 35 ) Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tentang waktunya , tidak seorangpun yang tahu, malaikat yang lebih tinggi dari manusia tidak tahu, bahkan Allah Anak-pun tidak tahu, hanya Bapa disorga yang tahu !  Artinya sangat jelas , ada Kepastian ditengah ketidak pastian, untuk itu, mulai SEKARANG dan SETERUSNYA jadilah orang yang menjadi orang-orang pilihan NYA !

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apa yang kita lakukan selama masa penantian kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ini ? dan apa yang akan Anda lakukan kemudian setelah renungan hari ini. Tuliskan refleksi Anda dengan jujur dan berani secara pribadi.

Tekad
Ya TUHAN, mampukan saya untuk dapat mewujudkan sikap yang benar kepada TUHAN didalam penantian kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali ini, dengan jalan berdoa, memahami Firman Tuhan dan melakukannya dalam keseharian hidup saya.

 Tindakan
Mulai hari ini, saya akan melakukan apa yang sudah saya tuliskan sendiri dengan jujur dalam mewujudkan sikap hormat dan takut kepada TUHAN dengan makin serius dan setia menjalankan Firman-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

  • Tati says:

    Sbuah renungan yg bgtu menarik menyiapkan hati,Perbuatan dan tingkah laku kita sbgai persiapan kita nanti..???? jdikanlah diri kta sbgai kesaksian yg hdup.????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*