suplemenGKI.com

Filemon 1-21

PERSAUDARAAN DALAM KRISTUS

PENGANTAR
Manusia dikenal dengan sebutan makhluk sosial, artinya manusia satu dengan yang lain menjalin relasi. Dimanapun manusia berada mereka pasti berelasi satu dengan yang lain. Berbagai macam relasi dapat dibangun antar sesama manusia, misalnya relasi karena pekerjaan, hobi,status sosialnya, minat yang sama dll. Demikian juga persaudaraan dapat juga dibangun di dalam Kristus. Bagaimana kita menjalin persaudaraan di dalam Kristus?

PEMAHAMAN

Ay. 1-3        Bagaimana Paulus menyapa Filemon dan kawan-kawannya?

Ay. 4-7        Apa yang Paulus ucapkan syukur tentang Filemon?

Ay. 8-14      Apa yang Paulus ceritakan tentang Onesimus?

Ay. 15-21   Apa yang Paulus harapkan kepada Filemon untuk Onesimus?

Paulus menyapa Filemon dengan kata-kata kekasih di dalam Kristus dan rekan sekerja dalam Kristus. Hal ini menunjukkan relasi yang baik antara Paulus dengan teman-teman sepelayanannya, bahkan Paulus mendoakan rekan kerjanya di beri damai sejahtera dari Tuhan Yesus.

Paulus juga mengucap syukur untuk keadaan Filemon dan kawan-kawannya, mengucap syukur untuk pertumbuhan imannya, kasihnya, pengetahuannya, dan persekutuannya dengan saudara-saudara seiman lainnya.

Paulus menceritakan tentang keberadaan Onesimus. Paulus tahu bahwa Onesimus adalah budak dari Filemon yang telah pergi dari tuannya. Paulus berjumpa dengan Onesimus ketika Onesimusmenjenguknya dalam penjara. Rupanya Onesimus melayani Paulus dengan baik, demikian juga Paulus mengganggapOnesimus sebagai anaknya dan bahkan rekan kerjanya. Keberadaan Onesimus sangat dibutuhkan sekali oleh Paulus yang sedang dipenjara, dan mulai tua. Namun Paulus menyadari betul bahwa Onesimus masih menjadi miliknya Filemon, maka Paulus mengajukan permintaan kepada Filemon. Paulus meminta Filemon untuk dapat menerima Onesimus dengan baik.Ke dua, Paulus meminta Filemon menerima Onesimus sebagai saudara kekasih di dalam Tuhan, bukan sebagai hamba.Bahkan Paulus memohon Filemon diterima seperti dia menerima Paulus. Paulus dengan berani memberikan jaminan kepada Filemon untuk Onesimus, kalaupun Onesimus mempunyai hutang biarlah itu ditanggung oleh Paulus.

Paulus berharap hubungan antara Filemon dan Onesimus dapat segera membaik dan bahkan dapat menjalin rekan kerja yang baik pula. Bagi Paulus di dalam Kristus tidak ada lagi hubungan antara tuan dan budak, namun hubungan persaudaraan yang dilandasi oleh kasih Kristus.

REFLEKSI
Renungkan sejenak! Apakah di dalam menjalin relasi kita masih membeda-bedakan sesama? Masih adakah orang-orang yang kita anggap remeh/kurang berguna?

TEKADKU
Ya, Tuhan, biarlah kami belajar dari-Mu yang tidak membeda-bedakan kami namun menerima kami apa adanya.

TINDAKANKU
Mengingat bahwa hari ini saya akan menjalin relasi yang baik dengan orang-orang yang saya jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*