suplemenGKI.com

Bacaan : Ibrani 9 : 15-28.

Jalan untuk pengampunan dosa.

 Kita telah melihat bahwa gagasan tentang perjanjian merupakan hal yang pokok bagi pikiran penulis. Ia mengartikan perjanjian sebagai hubungan antara Allah dan manusia. Perjanjian yang pertama tergantung pada ketaatan manusia terhadap hukum, kalau manusia melanggar hukum maka perjanjian itu batal.

Pertanyaan penuntun.

  1. Mengapa persekutuan baru dengan Allah harus menyangkut dan berisi kematian Yesus ?
  2. Mengapa karya dan pengorbanan Kristus itu sangat penting ( unggul )?
  3. Apa yang seharusnya dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari atas pengorbanan Kristus ?

RENUNGAN.

 Arti yang pokok dari perjanjian baru yang disahkan olehYesus Kristus adalah supaya manusia dapat sampai kepada Allah atau dapat bersekutu dengan Allah. akan tetapi disini justru terdapat kesulitan yaitu bahwa manusia yang datang pada perjanjian baru ternyata telah penuh dengan noda yang disebabkan oleh dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia itu sendiri, sehingga manusia gagal dalam menjalin persekutuan dengan Tuhan. Oleh karena manusia gagal dalam menjalin persekutuaan dengan Tuhan maka hukum yang berlaku adalah sebaliknya, bahwa melalui korban Yesus Kristus persekutuan itu dibangun sehingga manusia bisa menghampiri Allah dengan melalui Yesus Kristus.

Dalam pengorbanan Yesus Kristus terdapat kebenaran abadi,

 pertama : bahwa korban Yesus menghasilkan pengampunan bagi dosa-dosa kita. Karena perbuatan-perbuatan kita yang salah// melanggar hukum maka seharusnya kita dihukum dan dikucilkan dari Allah. tetapi karena pengorbanan an kita yang salah// melanggar hukum maka seharusnya kita dihukum dan dikucilkan dari Allah. Yesus maka hutang dihapuskan, pelanggaran diampununi.

Kedua : pengorbanan Yesus Kristus membuka hidup baru. Jalan persekutuan dengan Allah telah dibuka oleh Yesus Kristus dengan mengampuni segala dosa-dosa kita. Pengampunan adalah sesuatu yang mahal harganya, dan Allah sendirilah yang yang dapat membayar harga yang mengerikan itu sebelum manusia dapat diampuni. Tanpa tercurahnya darah Yesus Kristus tidak mungkin ada pengampunan dosa.

Ketiga : pengorbanan Kristus tak perlu diulangi lagi. Sifat manusia memang selalu menjengkelkan, dan terus saja berbuat dosa dan akan terus begitu.tetapi hal itu tenjengkelkan, dan terus saja berbuat dosa dan akan terus begitu.r harga yang mengerikan itu sebelum manusia dapaidak berarti bahwa Kristus harus berulangkali mengorbankan diriNya, jalan itu telah dibuka satu kali dan untuk selamanya.

Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang oleh AnugerahNya telah memberikan PutraNya untuk jalan pengampunan dosa kita. Untuk itu marilah kita menjaga hati dan hidup kita agar selalu menyenangkan hati Tuhan. Dan marilah kita mengabdikan hidup kita untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. 

Dengan hati bersyukur kita dapat menghampiri hadirat Tuhan”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*