suplemenGKI.com

Sabtu, 3 Juni 2017

02/06/2017

SATU TUBUH

1 Korintus 12:12-13

 

Pengantar
Sepasang suami istri di Washington, DC, mengundang teman-teman mereka ke sebuah pesta. Karena acara itu diadakan untuk pengumpulan dana bagi aksi sosial. Para tamu diminta membawa uang receh yang mereka miliki. Jadi, mereka membawa koin-koin yang ditemukan dalam kardus, stoples kue, kantong plastik, dan beberapa kaus kaki tua di rumah mereka. Semuanya berjumlah lebih dari 1.500 dolar.Beberapa orang menemukan uang receh yang berserakan di rumah mereka senilai lebih dari 30 dolar. Namun sesungguhnya semua orang Amerika memiliki uang receh yang terabaikan senilai kurang lebih 7,7 miliar dolar. Dan para peneliti berkata bahwa hal yang sama terjadi di berbagai negara lain di dunia.

Halini bisa menjadi ilustrasi yang indah bahwa sesungguhnya secara kolektif, sebagai satu keluarga besar, seluruh orang percaya dalam Kristus sangatlah kaya dan berharga. Alkitab sering kali menyebut gereja sebagai “tubuh Kristus” dan berkata bahwa “segala anggota itu”, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh. Bagaimana Paulus menjelaskan hal itu?

Pemahaman

  • Ayat 12  : Ilustrasi apakah yang digunakan oleh Paulus untuk menjelaskan tentang kesatuan hidup orang percaya? Mengapa Paulus memberikan ilustrasi itu?
  • Ayat 13  :Siapakah yang telah dipersatukan oleh Roh di dalam tubuh Kristus?

Paulus menggambarkan Kristus sebagai satu tubuh dengan banyak anggotaa (Ay. 12). Paulus mengingatkan agar orang Kristen di Korintus melihat keberadaan mereka dalam jati diri yang baru yaitu jati diri milik Kristus yang telah dipersatukan oleh satu Roh. Segala perbedaan yang ada dalam diri orang percaya, seperti suku, ras, latar belakang, kedudukan sosial tidak menjadi persoalan lagi sebab ditempatkan lebih rendah daripada kenyataan baru kita sebagai sesama tebusan Kristus. Nasehat inilah yang diberikan oleh Paulus kepada jemaat di Korintus.

Ayat 13 mencatat bahwa Roh telah mempersatukan kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semuadiberi minum dari satu Roh. Gereja harusnya merupakan suatu kesatuan dalam keberagaman sama seperti satu tubuh yang terdiri dari banyak anggota. Seperti tangan, kaki, kepala, mulut dan sebagainya. Semua memilliki perbedaan bentuk dan fungsi masing-masing. Peranan dan fungsi itu baru bisa dirasakan apabila ditempatkan sebagaimana mereka dibentuk. Kesatuan tubuh itu sedemikian kuatnya sampai-sampai jika ada satu anggota tubuh yang sakit, maka akan berpengaruh pada anggota tubuh yang lain. Contohnya jika mata sakit, maka seluruh aktivitas akan terganggu. Untuk itulah Paulus mengingatkan bahwa mereka bisa berfungsi sebagai tubuh Kristus hanya bila mereka manyadari kebergantungan dan kesatuan dengan bagian tubuh yang lain.

Refleksi
Renungkanlah: Apakah keberadaanku sebagai anggota gereja membawa kesatuan dalam jemaat ataukah malah membawa perpecahan? Apa yang sudah saya lakukan untuk menjaga kesatuan tubuh Kristus?

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk bisa menjadi anggota tubuh Kristus yang berfungsi menjaga kesatuan dalam gereja, dalam keberagaman yang ada.

Tindakanku
Mulai hari ini saya tidak akan mempersoalkan perbedaan, tetapi berusaha untuk menyatukan perbedaan untuk saling melengkapi satu dengan yang lain dan bekerja sama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«