suplemenGKI.com

1 RAJA-RAJA 3:3-15

“MILIKILAH HIKMAT DAN HATI YANG BIJAKSANA

PENGANTAR

Bagian ini menceritakan tentang raja Salomo yang mengantikan raja Daud, ayahnya yang telah meninggal dunia. Pada permulaan pemerintahannya, raja Salomo memimpin bangsa Israel dengan hidup sesuai ketetapan-ketetapan Daud, ia mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan di Gibeon.

PEMAHAMAN

  1. Apa yang dikatakan raja Salomo kepada Tuhan, ketika ia pertama kali di temuiNya?
  2. Apa yang diungkapkan oleh raja Salomo kepada Tuhan tentang keberadaannya?
  3. Apa yang diminta oleh raja Salomo ketika Tuhan menawarkan “sesuatu”  kepadanya?
  4. Apa yang diberikan Tuhan kepada raja Salomo?Apa yang diharapkan Tuhan dari raja Salomo?

Pada awal pemerintahan raja Salomo, ia hidup menunjukkan kasihnya kepada Tuhan, hidup dalam ketetapan-ketetapan Tuhan,  memberikan korban bakaran kepada Tuhan, bahkan korban bakaran DI Gibeon dicatat sebagai korban bakaran yang terbesar. Di Gibeon inilah Tuhan menampakkan diri dan memberikan kesempatan kepada Salomo untuk meminta “sesuatu” kepadaNya.

Salomo langsung memuliakan Tuhan, dengan menyatakan bahwa kasih setia Tuhan yang besar telah ditunjukkanNya kepada raja Daud dan sampai sekarang juga kepada anaknya raja Daud. Ia juga menyadari bahwa ia menjadi raja karena dipilih oleh Tuhan, bukan karena kehebatan dan keperkasaannya. Ini menunjukkan kerendahan hati raja Salomo.

Dalam kerendahan hati inilah raja Salomo meminta hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat Tuhan dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat. Lalu Tuhan melihat bahwa apa yang diminta raja Salomo adalah baik dan Tuhan mengabulkannya, bahkan Tuhan memberikan yang lebih kepada raja Salomo sekalipun itu tidak dimintanya, antara lain kekayaan dan kemuliaan. Tuhan berharap bahwa raja Salomo menjadi raja yang hidup menurut perintah dan ketetapan Tuhan, jikalau ia hidup seperti raja Daud ayahnya, maka Tuhan akan menambahkan umur yang panjang kepadanya. Raja Salomo meminta kepada Tuhan bukan harta yang berkelimpahan dan kemuliaan yang besar, namun raja Salomo meminta hati yang bijak untuk dapat menjalankan kekuasaannya dengan baik, tahu mana yang jahat dan mana yang baik.

REFLEKSI

Adakah karakter-karakter yang kurang baik yang ada dalam diri Anda, sudahkah Anda melibatkan Tuhan untuk mengubahkan hidup Anda? Sudahkah Anda memohon hikmatNya tiap kali Anda dihadapkan dengan keputusan-keputusan yang sulit, yang menantang Anda tahu mana yang baik dan jahat?

TEKADKU

Diriku bercermin malu ya Tuhan ketika kuingat bahwa permohonan yang kusampaikan kepadaMu lebih banyak tentang kebutuhan-kebutuhanku ataupun keluargaku. Jarang aku meminta sesuatu yang kuperlukan untuk membentuk manusia batiniahku makin indah di hadapanMu. Bentuklah aku Tuhan, pakailah diriku ini seturut kehendakMu. Amin

TINDAKANKU

Mari kita juga memohon kepada Tuhan, meminta hati yang bijaksana supaya kita dapat melewati hari-hari yang ada di depan dengan baik, sebab hati yang bijak melebihi semua harta yang ada di dunia ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«