suplemenGKI.com

MENDENGAR, MELIHAT & BERTINDAK

MARKUS 1: 29-34

Pengantar
Di Warta jemaat selalu tercantum nama saudara-saudari kita yang sedang sakit. Apakah yang Saudara lakukan setelah membaca sederetan nama mereka yang sedang sakit? Apakah Saudara hanya membacanya sekilas ataukah mendoakan dan mengunjunginya? Bacaan hari ini mengisahkan tanggapan kepedulian KRISTUS terhadap orang sakit. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman 

  • Ayat 29-30 : Bagaimana respons Yakobus dan Yohanes melihat ibu mertua Simon terbaring sakit?
  • Ayat 31-34 : Bagaimana respons Yesus saat mendengar dan melihat ibu mertua Simon?

Usai mengajar di rumah ibadat, Yesus pergi ke rumah Simon dan Andreas. Yohanes dan Yakobus melihat  ibu mertua Simon sakit, lalu ia menyampaikannya kepada Yesus. Setelah Yesus mendengar berita itu, Dia langsung bertindak. Ia tidak menunda bertindak melainkan dengan sigap langsung memberikan pertolongan. Ia memegang tangan Ibu mertua Simon dan membangunkannya. Dan seketika sembuhlah sakit penyakitnya.

Ternyata bukan hanya ibu mertua Simon yang disembuhkan. Ketika Ia melihat banyak orang sakit dan kerasukan setan sedang berkerumun (ay. 34), Ia pun memberikan pertolongan. Ia menyembuhkan banyak penyakit dan mengusir setan.  Ketika melihat kesulitan dan penderitaan orang, Yesus tidak diam saja. Ia selalu tanggap terhadap persoalan yang ia dengar dan lihat.

Sebagai murid-murid Kristus, apakah kita juga mengikuti jejak teladan-Nya?  Di sekitar kita ada begitu banyak orang yang menderita sakit ataupun dalam beban-beban kehidupan yang sulit ditanggung. Mungkin kita juga pernah mendengar keluarga pra sejahtera yang sedang sakit namun tidak dapat dilayani di rumah sakit. Tuhan Yesus mengajak kita untuk peduli dengan mereka.

Refleksi
Bayangkanlah saat Saudara sedang sakit. Apakah yang Saudara butuhkan? Pasti butuh pertolongan segera. Semua orang yang sedang menderita membutuhkan pertolongan secepatnya namun tidak semua orang di sekitarnya mau memberikan pertolongan.  Apakah setelah merenungkan Firman Tuhan hari ini, Saudara lebih terpanggil untuk sigap  melayani mereka yang sakit dan dalam penderitaan ?

Tekadku
Ya Bapa, mampukanlah aku untuk segera bertindak menolong orang lain yang sedang sakit dan dalam penderitaan. 

Tindakanku

  • Aku akan membaca ulang deretan nama orang sakit yang tercantum di warta jemaat lalu mendoakan dan atau mengunjunginya
  • Aku akan sigap memberikan pertolongan  kepada setiap orang yang membutuhkannya.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«