suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Petrus 3 : 17-18.

“Kita harus bertumbuh”

Penutup surat-surat Petrus ini mengulang nasehat Petrus pada kotbah mininya di pembukaan, dimana umat Tuhan harus bertumbuh dalam iman supaya mereka tidak terseret dalam kesesatan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan, bahkan mereka dapat semakin kuat dalam menjalani hidup ini.

Petanyaan penuntun.

  1. Dalam hal apa orang Kristen harus waspada ? [ ayat 18 ]
  2. Apa yang harus dilakukan orang Kristen untuk menghindarinya ? [ ayat 18 ]
  3. Hal-hal apa yang anda harus lakukan dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan Kristus ?

RENUNGAN.

Penyesatan yang terjadi di jemaat yang dilayani rasul Petrus jika dibiarkan maka akan merusak iman dan kehidupan jemaat, karena jemaat adalah manusia biasa yang masih memiliki tubuh lama yang mudah tergoda dan berdosa. Godaan dari pengajar sesat pada dasarnya mengumbar kedagingan dimana jemaat dapat dengan mudah terjebak dalam keinginan yang memuaskan hawa nafsunya. Ibarat seseorang yang sudah mencicipi suatu yang enak, walaupun tahu bahwa sesuatu itu racun yang perlahan namun pasti merusak, dan rasa enak itulah yang sulit dilawan. Sekali mencoba maka akan berlanjut untuk yang kedua, ketiga dan sampai ketagihan. Disitulah letak bahayanya.

Rasul Petrus dengan gamblang membongkar kejahatan para penyesat dan menunjukkan motiasi busuk para penyesat. Oleh sebab itu Petrus harus memperingatkan jemaat yang dilayaninya. Apa peringatan Petrus ?

  1. Supaya jemaat waspada. [ ayat 17 ]. Sikap waspada merupakan sikap hati-hati supaya jemaat tidak terpengaruh dan terseret kedalam penyesatan.
  2. Bertumbuh dalam iman [ ayat 18 ]. Bertumbuh dalam iman atau dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus. Sebagai jemaat bertumbuh dalam iman adalah mutlak, hal itu untuk menghindari diri dari kejatuhan ke dalam dosa hawa nafsu. Lau bagaimana caranya bertumbuh ? dalam kotbah mininya Petrus mendaftarkan berbagai kebajikan yang perlu ditumbuh kembangkan dalam kehidupan orang percaya, seperti, menjalankan displin rohani, dengan membaca Firman Tuhan dengan setia, berdoa memohon Roh Kudus memberi kekuatan dan kuasa
  3. Bersandar penuh pada Tuhan. Jangan sekali-kali kita mengandalkan kekuatan diri sendiri, karena semakina kita mengandalkan diri sendiri maka kita akan mudah jatuh dan terseret kedalam penyesatan.

Saat ini kita hidup di jaman penantian akan kedatangan Kristus yang kedua kalinya dan kita sedang diperhadapkan kepada begitu banyaknya pengajaran yang kurang jelas dan menyesatkan tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua. Ada sikap yang meremehkan, mengejek serta meragukan kedatanganNya tetapi ada juga yang menyambut dengan mempersiapkan diri dengan iman yang kuat dengan menjaga kekudusan hidup. Sebagai orang Kristen kita termasuk yang mana ? kiranya Tuhan beserta kita.

 Dalam menyambut kedatangan Kristus yang ke dua milikilah iman yang kuat agar tidak terseret kedalam penyesatan”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*