suplemenGKI.com

Sabtu, 29 Mei 2010

28/05/2010

Yohanes 16:4b-15

KARYA ROH KUDUS

Sebelum Tuhan Yesus mengalami penderitaan, mati di atas kayu salib dan pergi kepada Bapa; Dia memberikan banyak pengajaran dan nasihat kepada para murid.  Salah satu pengajaran dan nasihatNya adalah setelah Dia pergi kepada Bapa maka Dia memberikan Roh Kudus yang selalu menyertai pelayanan para murid.  Injil Yohanes mulai pasal 14 berbicara tentang Roh Kudus yang dijanjikanNya bagi para murid.  Tuhan Yesus menginginkan agar mereka menjadi murid yang beriman, teguh dalam tantangan juga menjadi saksi bagiNya.

  • Tuhan Yesus mengatakan bahwa Dia akan pergi kepada Bapa yang mengutusNya.  Apa pengajaranNya?  (ay.7)
  • Apa saja dampak karya Roh Kudus ke dalam dunia? (ay.8-14)
  • Sejauh mana kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita berdampak bagi dunia sekitar?

RENUNGAN

Pengajaran dan nasihat yang Yesus berikan ini, erat hubungannya dengan pasal 15 tentang bagaimana hidup dalam Kristus dan berbuah banyak bagi kemuliaan Bapa.  Sebelumnya dicatat bahwa para murid bertanya ke mana Yesus akan pergi.  Kali ini Tuhan justru menegur karena mereka tidak lagi menanyakan hal itu.  Mungkin pengetahuan bahwa Yesus akan pergi dan mereka akan kehilangan Dia, mengganggu pikiran mereka.  Kini Tuhan menjelaskan bahwa kepergian-Nya justru baik bagi mereka karena kepergian-Nya melalui salib dan ke surga sesudah kebangkitanNya itu merampungkan seluruh rencana keselamatan Allah bagi milik-Nya.  Jadi, kepergian Yesus justru membuat para murid ada dalam posisi menikmati seluruh janji keselamatan Allah.  Karena Yesus telah merampungkan tugas penyataan dan penyelamatan dari Allah, maka Roh Kudus datang ke dalam dan ke antara mereka.

Kedatangan Roh Kudus menyatakan kehadiran Allah.  Roh Kudus tidak hanya dimiliki para murid pada masa lalu, tetapi juga diberikan bagi setiap orang beriman pada jaman ini. Kedatangan Roh Kudus akan mendatangkan perubahan dalam hidup para pengikut Yesus, juga bagi dunia melalui para pengikutNya.  Bagi orang beriman, Roh Kudus akan meneruskan kehadiran dan karya Yesus, menjadi penghibur atau pendamping yang selalu siap membela dan memimpin.  Ia akan memberikan pengenalan yang intim akan Allah dalam hati dan pikiran para pengikut Yesus (ayat 7,13,15).  Intinya, Ia akan membuat orang percaya mengalami persekutuan yang nyata dan akrab dengan Allah Tritunggal dan mengenali kebenaran-kebenaran-Nya yang memperbarui hidup.

Kehadiran dan karya Roh Kudus dalam diri orang percaya juga pasti membawa dampak bagi dunia.  Jika orang percaya hidup akrab dengan Tuhan, menaati dan mengalami penyertaan-Nya yang baik; mereka pasti akan berpengaruh.  Seperti Yesus datang bukan untuk membawa damai yang semu, tetapi juga menyatakan dan mengampuni dosa.  Demikian juga kehadiran orang percaya di tengah dunia. Seperti fungsi atau karya Roh Kudus, maka sebagai orang percaya yang sudah menerima Roh Kudus pasti hidup kita berdampak; Pertama, menimbulkan kepekaan akan dosa, sehingga orang tidak terjerat oleh dosa. Kedua, menunjukkan kebenaran, sehingga orang lain dapat mengenal kebenaran melalui diri kita. Ketiga, menyatakan penghakiman Allah, sehingga orang dapat hidup takut akan Tuhan dan menerima keselamatan melalui hidup kita.  Sekarang waktunya!

Renungkan: bagaimana kehadiran Roh Kudus dalam diri kita, apakah telah berdampak bagi kehidupan di sekitar kita!

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«