suplemenGKI.com

1 SAMUEL 2:11-17, 22-25

BEBAL, TANDA TIDAK ADANYA PERTUMBUHAN                                                                                                             

PEMAHAMAN
Kita cukup sering menjumpai orang Kristen yang mengaku Kristen sejak kecil dan rajin beribadah, namun kesaksian hidupnya tidak baik. Mengapa terjadi demikian?  

  1. Ayat 13-17, 22-24: Bagaimanakah kesaksian hidup anak-anak Eli?
  2. Ayat 12, 25b: Mengapa mereka tidak bertumbuh dengan baik?
  3. Apakah yang bisa kita pelajari dari kisah anak-anak Eli agar tidak mengalami nasib yang sama dengan mereka?

Kesaksian hidup yang ditunjukkan anak-anak Eli selaku imam bangsa Israel sangatlah tidak baik. Mereka melakukan kejahatan kepada semua bangsa Israel (ay. 14, 22-23) dan menyebabkan bangsanya turut melakukan pelanggaran (ay. 22-24). Padahal sebagai imam mereka seharusnya menjadi pendamai antara bangsa Israel dan Tuhan, mendoakan dan memohon pengampunan bagi dosa umat, mengajarkan hal-hal yang kudus dan segala ketetapan Tuhan kepada bangsa itu. Sejak kecil mereka telah diajari hukum dan ketetapan Tuhan secara intensif untuk mempersiapkan mereka menjadi imam. Namun ternyata mereka tidak bertumbuh menjadi imam yang baik. Mereka hidup sesuka hati mereka, mengeraskan hati dan tidak mau mengindahkan Tuhan serta menolak untuk bertobat. Oleh karenanya Tuhan sangat murka dan menghukum mereka, imam Eli dan seluruh keturunannya (1 Sam. 2:27-36)

 

REFLEKSIKU
Bagaimana dengan kita? Apakah kita memiliki hati yang mau diajar dan dibentuk? Apakah kita  berkomitmen untuk hidup seturut dengan kehendak Tuhan?

TEKADKU
Baiklah kita belajar untuk rendah hati dan berhati lembut menerima teguran dan pengajaran Tuhan, serta peka mendengar suara Tuhan.

TINDAKANKU
Mau dipakai dan dibentuk Tuhan, peka dengan suara Tuhan. Baik melalui saat teduh, kotbah, atau bahkan ketika ada nasihat/teguran dari orang di sekitar kita. Dengan keyakinan bahwa semua itu Tuhan pakai untuk membangun kita, supaya terus bertumbuh menjadi anak-anakNya yang berkenan kepadaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*