suplemenGKI.com

Mempertanggungjawabkan Iman Yang Benar

 

Kis 4:1-12

 

Pengantar
Seringkali kita beranggapan bahwa yang perlu dipertanggungjawabkan dari hidup kita ini, biasanya berkaitan dengan perkataan atau tingkah laku kita. Melalui perkataan, kita bisa menyakiti hati orang lain dan melalui kelakukan, kita bisa membuat orang lain terluka baik fisik maupun psikis. Oleh sebab itu baik perkataan dan kelakuan kita harus dapat dipertanggungjawabkan. Bagaimana dengan iman kita? Biasanya iman adalah urusan pribadi dan orang lain diharapkan tidak campur tangan di dalamnya. Benarkah iman hanya masalah pribadi saja? Melalui pergumulan hari ini kita akan melihat sejauh mana iman itu dipertanggungjawabkan.

Pemahaman
Ay 1-2, Petrus dan Yohanes sedang berbicara dengan orang banyak, apa yang mereka perbincang kan ?

Ay 3-4, Apa yang menjadi reaksi bagi orang banyak ketika Petrus dan Yohanes bercerita tentang Yesus dan kuasaNya? ( Ada 2 reaksi)

Ay 5-7, apa yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin Yahudi dan tua-tua serta ahli-ahli Taurat terhadap sikap Petrus dan Yohanes? Dan apa yang menjadi keberatan mereka terhadap sikap Yohanes dan Petrus?

Ay 8-12, apa yang dikatakan oleh Yohanes dan Petrus dalam persidangan tersebut?

Dalam kisah para rasul, diceritakan bagaimana Roh Kudus itu turun atas para murid, dan membuat para murid waktu itu dapat berbahasa Roh.  Dalam kisah para rasul juga diceritakan bagaimana Petrus memulai pelayanan misinya kepada orang banyak dengan cara berkhotbah dan mendoakan orang yang sakit menjadi sembuh. Melalui pelayanan-pelayanan ini banyak orang yang mulai tertarik dengan apa yang dilakukan para murid.

Demikian juga ketika Petrus dan Yohanes menceritakan bagaimana Yesus mati dan dibangkitkan. Hal ini semakin menarik orang dan membuat orang banyak percaya kepada Tuhan Yesus.  Semakin hari semakin banyak orang yang akhirnya menyerahkan diri untuk percaya kepada Tuhan, jumlah awal mereka laki-laki saja 5.000 orang.

Reaksi orang banyak yang percaya kepada Tuhan Yesus, ditanggapi sinis oleh para pemuka agama Yahudi, bahkan mereka berusaha memperkarakan Petrus dan Yohanes kepersidangan yang ada di Yerusalem, di mana para imam Besar ada di sana.

Para imam besar mulai menyelidiki perkara tersebut dan menanyakan hal yang paling prinsip dan yang menjadi persoalan besar yaitu :” dengan kuasa manakah atau dalam nama siapakah kamu bertindak demikian?”

Dalam hal ini Petrus dan Yohanes berani mempertanggung jawabkan imannya kepada para pemuka agama Yahudi, bahkan para pemuka agama Yahudi melihat betapa beraninya Petrus dan Yohanes bersaksi di depan banyak orang. Dan yang lebih menyulitkan para pemuka agama Yahudi untuk menangkap Petrus dan Yohanes adalah banyaknya saksi yang sudah merasakan dampak dari nama Yesus yang berkuasa.

Refleksi
Ambillah waktu beberapa menit untuk merenungkan bagaimanakah mempertanggung jawabkan Iman dalam jaman modern ini?

Tekadku
Ya Tuhan Yesus, buatlah kami berani bersaksi tentang Engkau yang hidup dalam hidup kami, dan tumbuhkanlah iman kami sehingga semakin banyak orang yang tertarik percaya kepadaMu, melalui kami semua. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa.

Tindakanku
Hari ini saya akan menyaksikan Tuhan Yesus kepada teman kantor, atau tetangga atau sahabat saya yang akan saya jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*