suplemenGKI.com

Manusia adalah mahluk yang sangat pandai dalam hal mengamati sesuatu. Perhatikan saja para pengamat politik, pengamat sepakbola atau pengamat nasib orang seperti mama Lorent dan kelompoknya itu. Mereka sangat piawai dalam menilai, membandingkan, memutarbalikkan dan mengasumsikan apa saja yang diamati/diperhatikannya. Suatu kali saya nonton Deddy Coorbousyer sang kepala antik itu, dia sedang mengamati hati seseorang yang sedang berpikir tentang akan mendapatkan uang satu milyar di tengah kerumunan banyak orang yang menonton aksinya di panggung. Deddy turun panggung dan menghampiri seorang pemuda itu, lalu mengatakan “anda beberapa menit yang lalu sedang memikirkan bagaimana mendapatkan uang satu milyar kan?” pemuda itu lalu berkata “Kog tahu?”  Apa yang tidak bisa manusia amati semuanya bisa, tetapi satu yang manusia tidak bisa perhatikan yaitu apa yang Tuhan inginkan dari dirinya sebagai ciptaan Tuhan. Itulah yang dari dulu banyak orang tidak mau memperhatikannya. Entah karena memang tidak mau tahu atau memang tidak mengerti tujuan Tuhan menciptakannya. Dalam Lukas 21:29-33 Tuhan Yesus memerintahkan agar umat-Nya dengan jeli memperhatikan segala sesuatu yang terjadi supaya tidak salah menilai atau memprediksi sesuatu.

 

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

1.      Ayat. 29-30. Apa yang Tuhan Yesus maksudkan dengan memerintahkan pembaca untuk memperhatikan pepohonan dengan prosesnya bertunas?

2.      Ayat. 31. Apa hubungan antara pepohonan yang sedang bertunas dengan kerajaan Allah yang sudah dekat?

3.      Ayat. 32. Apa maksud: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu sebelum semuanya terjadi?

4.      Ayat. 33. Apakah maksud pernyataan ayat 33 tersebut?

 

Renungan:    

            Pertumbuhan pepohonan terkadang tidak bisa diduga, tetapi pertumbuhan pepohonan selalu disertai dengan pergantian musim. Dahulu di Kalimantan Barat orang tidak begitu peduli dengan proses pertumbuhan satu jenis pohon hutan yang disebut pohon Tengkawang. Tengkawang ini buahnya yang menghasilkan minyak bisa dijadikan sebagai bahan minyak goreng (rasanya seperti minyak kelapa sawit) penduduk setempat tidak akan peduli kapan Tengkawang ini akan berbuah, tetapi kalau musim buah tengkawang sudah tiba maka akan terjadi pergantian musim dari musim hujan ke musim panas. Ketika musim itu tiba maka penduduk setempat akan bersiap menjelajah hutan-hutan untuk memungut buah tengakwang yang mulai berguguran itu, kemudian diolah untuk mendapatkan minyak tengkawang.

Tuhan mengijinkan berbagai tanda bermunculan berkaitan dengan kedatangan Anak Manusia, dengan tujuan supaya umat-Nya menjadi mengerti dan bijaksana menantikan dan mengatur hidupnya untuk menyambut kedatangan itu sesuai dengan waktu Tuhan. Supaya manusia tidak hanya sibuk dengan urusannya sendiri sampai tidak mempedulikan akan masa dan waktu kedatangan Anak Manusia itu. Supaya manusia bijaksana dalam masa-masa penantianya. Supaya tidak hidup dalam kesembronoan.

            Kedatangan Anak Manusia bukan sesuatu yang fiktif, bukan sesuatu yang hanya bersifat cerita dongeng dan bukan juga sesuatu yang bisa diatur-atur oleh manusia tetapi sebuah kepastian dan pengharapan yang akan menjadi nyata bila saatnya sudah tiba (Yak 5:8, 2Pet 2:16) Sebagai orang percaya maka gereja seharusnya tidak menjadi bingung lalu tidak tahu apa yang harus dikerjakannya. Karena Kerajaan Allah sudah dekat, maka gereja harus semakin memperlengkapi diri, menghias diri selayaknya sang kekasih menunggu kedatangan tambatan hatinya. Supaya tidak didapati bercacat cela di hadapan Raja yang akan datang itu (1Tes 5:23)

            Hari-hari ini kita banyak mendengar hembusan yang bermacam-macam berkaitan dengan waktu kedatangan Anak Manusia. Harus diketahui bahwa nada-nada serupa akan terus terdengar dan berusaha membingungkan banyak orang. Hal demikian baru akan berhenti ketika kedatangan Anak Manusia tiba. Prinsip kita sebagai orang percaya adalah berpegang teguh pada kebenaran Firman Tuhan yang berotoritas. Di luar itu sebaiknya tidak perlu diresponi, karena semuanya hanya akan membingungkan.

 

Bukalah hati, telinga dan mata untuk kebenaran Firman Tuhan dan percayalah kepada-Nya dan janganlah gelisah tetapi tetap teguh dalam Tuhan Yesus Kristus, maka engkau akan selamat dan sejahtera.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*