suplemenGKI.com

Sabtu, 28 Juli 2018

27/07/2018

Yohanes 6:16-21

MENGATASI KETAKUTAN

PENGANTAR
Ada banyak hal yang dapat membuat kita takut. Sebagian dari kita takut terhadap berbagai hal yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kita. Beberapa binatang kecil yang tidak berbahaya, misalnya cicak, bisa membuat seseorang lari ketakutan. Namun, sebagian dari kita mungkin sedang dicengkeram oleh ketakutan karena memang harus menghadapi situasi yang sulit. Kita tidak tahu lagi apa yang harus kita perbuat, sementara berbagai hal yang lebih buruk sudah menghadang di depan kita. Sebagai orang beriman, bagaimanakah seharusnya sikap kita?

PEMAHAMAN

  • Ay. 16-19. Perhatikanlah ayat 19. Ketika melihat Yesus berjalan di atas air, para murid justru ketakutan. Menurut Anda, mengapa?
  • Ay. 20-21. Perhatikanlah perkataan Yesus kepada para murid-Nya yang ketakutan (ay. 20). Apa yang hendak Yesus tegaskan dalam kalimat tersebut?
  • Apa yang dapat kita pelajari mengenai dari pengalaman para murid di atas?

Ketika melihat Yesus berjalan di atas air, para murid justru ketakutan. Mengapa demikian? Ada dua hal yang mungkin membuat mereka ketakutan. Pertama, situasi yang mereka hadapi. Pada waktu itu mereka sedang berada di tengah danau, di malam yang gelap, dengan angin yang kencang, yang membuat danau itu bergelora. Jika kita berada di dalam perahu mereka, kita pun akan merasa takut, bukan? Kedua, Yesus hadir dengan cara yang berbeda dari yang mereka harapkan. Mereka memang sedang menantikan Yesus (ay. 17b). Namun, mereka berharap Yesus akan datang menyusul mereka dengan sebuah perahu. Mereka tidak pernah berpikir bahwa Yesus akan datang kepada mereka dengan cara-Nya sendiri: berjalan di atas air. Itulah sebabnya mereka tidak mengenali Yesus.

Untuk menenangkan para murid-Nya, Yesus berkata kepada mereka, “Aku ini, jangan takut!”  Dalam perkataan Yesus yang singkat ini kita melihat dua hal penting. Pertama, Yesus menegaskan kehadiran-Nya di tengah situasi yang mereka alami. Kedua, Yesus mengerti apa yang sedang dirasakan oleh para murid-Nya. Cara yang digunakan Yesus untuk mendatangi mereka, yaitu dengan berjalan di atas air, juga menegaskan bahwa Yesus sanggup mengatasi angin dan gelombang yang telah terjadi di danau tersebut dan yang telah membuat mereka ketakutan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang ada situasi yang dapat membuat kita ketakutan. Namun, dari pengalaman para murid, kita tahu bahwa Yesus sangat peduli dengan apa yang kita alami dan kita rasakan. Namun, kita perlu tahu bahwa kehadiran-Nya tidaklah selalu dilakukan dengan cara seperti yang kita pikirkan dan kita harapkan.

REFLEKSI
Hal apakah yang masih sering menjadi sumber ketakutan bagi Anda? Apakah Anda juga mengalami dan merasakan kehadiran Tuhan dalam keadaan tersebut?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah aku agar mampu melihat kehadiran-Mu, khususnya pada waktu aku harus berhadapan dengan situasi yang sulit dan yang menakutkan.

TINDAKANKU
Dalam kesempatan terdekat, aku akan bersaksi mengenai kehadiran Tuhan dalam hidupku dan bagaimana Tuhan menolong aku mengatasi ketakutanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«