suplemenGKI.com

TUJUAN ALLAH MEMILIH ORANG YANG DIANGGAP RENDAH (2)

1 Korintus 1:29-31

 

Pengantar

Keselamatan yang telah kita terima karena iman percaya kita didalam Tuhan Yesus Kristus adalah pemberian Allah dan bukan hasil usaha kita, bukan juga karena hasil kerja keras kita. Artinya kalau Allah tidak memberikan keselamatan lewat karya keselamatan yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus Kristus, maka pasti kita akan binasa didalam api kekal. Banyak orang Kristen kurang menghargai dan memandang rendah karya keselamatan Kristus di kayu salib.  Terbukti dari cara hidup yang masih sembrono, tetap saja berkompromi dengan dosa dan terbawa oleh arus dunia ini.  Sampai kapan kita berlaku demikian?

Pemahaman

  • Ayat 29          :Apatujuan Allah memilih orang yang dianggaprendahmenurutdunia?
  • Ayat 30-31    :Mengapa orang yang rendahbisadipiliholeh Allah?

Tujuan yang keduamengapa Allah memilih orang yang rendah menurut dunia supaya tidak ada satu manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah ay. 29. Kesombongan merupakan sebuah kontradiksi dengan anugerah Allah. Jemaat Korintus dipilih oleh Allah bukan karena mereka baik (ay. 27-28), tetapisemuaitukarenakarya Allah. Oleh karena Allah, mereka berada di dalam Kristus.  Oleh karena Allah, Kristus telah menjadi hikmat yang membenarkan, menguduskan dan menebus mereka (ay. 30b)

Hanya dengan karya keselamatan yang di kerjakan oleh anak-Nya yang tunggal yaitu Yesus Kristus, yang menguduskan mereka, membenarkan mereka, dan menebus. Hal ini adalah hikmat dari Allah yang di anggap bodoh oleh dunia akan karya keselamatan yang telah di kerjakan Allah melalui anak-Nya yang tunggal, yaitu Yesus. Bagi mereka yang menganggap bahwa karya keselamatan itu penting, mereka adalah orang-orang yang sungguh tidak bodoh di hadapan-Nya. Allah memilih dengan alasan supayamereka yang percayamendapatkanhidup yang kekaluntukselama-lamanya. Inilah yang menjadi dasar mengapa sampai Tuhan memilih yang di anggap oleh dunia suatu hal yang bodoh, yaitu karya keselamatan di salib yang sungguh mulia.Dan pesan selanjutnya adalah supaya kita manusia juga yang telah menghargai akan karya keselamatan-Nya itu, tidak sombong dan bermegah dalam hidup kita (31), tetapi dengan rasa syukur yang harus diperlihatkan di dalamhidupkita. Dengan kata lain hidupkitaharusberbuah.Dengan carahidup tetapdidalam Tuhandansetiakepada-Nya. Inilah yang harus di lakukan sebagai perintah Tuhan melalui jemaat Korintus agar mereka mau mengingat dan tidak menjadi sombong di hadapan Allah maupun manusia.

 

Refleksi

Tutuplah mata anda dan berdoalah secara pribadi, apakah selama ini anda sudah menyadari bahwa anda adalah orang-orang pilihan Tuhan? Apakah anda mau terus hidup dalam Tuhan? Apakah anda maumenghargai akan anugerah keselamatanyang telah di kerjakan oleh Allah melalui anakNya yang tunggal dengan tidak berlaku sombong?

Tekadku

Ya TUHAN, ampunilah saya jika selama ini saya menganggap hina dan rendah keselamatan yang telah Engkau berikan kepada saya dengan menganggap penting segala yang ada di dunia ini dan berlaku semau diri saya sendiri, ampunilah saya Tuhan.

Tindakanku

Hari ini saya bersyukur karena saya adalah orang pilihan Tuhan, dan saya akan meresponinya dengan hidup setia pada Tuhan dan tidak berlaku sombong dihadapan semua orang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«