suplemenGKI.com

Bacaan : Matius 2 : 13 -15

Tema : Tantangan Kehidupan

Pengantar
Setiap orang, di segala lapisan seringkali menghadapi masalah. Baik itu orang kaya, miskin, kecil, besar, pangkat, biasa dan siapapun pasti tidak kebal dengan masalah. Kelahiran Yesus yang dinantikan manusia  yang rindu akan keselamatan  juga diikuti oleh orang yang tidak menginginkannya. Mereka yang tidak menginginkan kehadiran Yesus berusaha untuk menggagalkan rencana dan kehendak Allah. Dan hal tersebut menjadi persoalan bagi Yusuf dan Maria yang baru melahirkan sang Mesias. Mampukah Yusuf menghadai tantangan kehidupan ? marilah kita menyimak renungan hari ini.

Pemahaman

  1. Tantangan apa yang sedang dihadapi Yusuf dan Maria ? bagaimana Yusuf dan Maria menghadapi tantangan tersebut ? ayat 13
  2. Bagaimana Allah campur tangan terhadap persoalan Yusuf dan Maria ? ayat 14-15

Herodes tampil sebagai raja dan penguasa pada saat kelahiran Yesus Kristus. Dia juga yang mendengar bahwa akan lahir Raja Shalom yakni Yesus Kristus. Namun Herodes bukanlah orang yang dibenarkan Allah bahkan ia adalah seorang penentang yang akan menggagalkan rencana Allah untuk menyelamatkan manusia. Orang-orang Majus yang datang menghadap Herodes untuk mencari dimana sang Mesias dilahirkan telah menemukan dimana sang bayi Yesus Kristus berada. Dan mereka diberitahu oleh para malaikat akan rencana jahat Herodes terhadap bayi Yesus, sehingga orang-orang Majus melanjutkan perjalanan mereka.

Kemarahan raja Herodes menjadi ancaman bagi Yusuf dan Maria juga bayi Yesus. namun Tuhan Allah tidak akan meninggalkan mereka yang percaya dan bersandar kepada-Nya. Tuhan menyatakan kehendak-Nya kepada Yusuf dan Maria melalui mimpi. Dalam mimpinya Yusuf diperintah malaikat Tuhan untuk mengambil anak dan istrinya lari ke Mesir karena Herodes akan membunuh bayi Yesus. dan mereka harus tinggal di Mesir sampai Tuhan berfirman kembali kepada mereka. Dan Yusufpun bangun mengambil anak dan istrinya pergi ke Mesir untuk menyelamatkan diri mereka. Dari peristiwa tersebut kita dapat menyaksikan pemeliharaan dan penyertaan Tuhan kepada Yusuf, Maria dan Anak-Nya. Meskipun mereka malam- malam hari harus berangkat ke Mesir. Namun Tuhan Allah menyatakan penyelamatan-Nya kepada mereka. Karena mereka memiliki iman dan keyakinan yang dinyatakan dalam tindakan.

Tuhan juga akan menyatakan penyelamatan dan penyertaannya kepada setiap orang yang memiliki iman dan keyakinan penuh kepada Tuhan.  Hal itu juga berlaku bagi anda.

Refleksi
Marilah kita mengambil saat hening sejenak, untuk merenungkan. Bagaimana sikap anda ketika persoalan datang menerpa kehidupan anda ? apakah anda memiliki iman, keyakinan dan tindakan ?

Tekadku
Ya Tuhan, tolonglah saya dalam menghadapi setiap persoalan yang datang dengan beriman dan bertindak yang benar.

Tindakanku
Saya harus memiliki hati yang peka terhadap kehendak Tuhan, agar saya mampu melakukan kehendak-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*