suplemenGKI.com

Akulah Yang Memilihmu

Yohanes 15:16-25

 

Pengantar
                Menjadi orang yang terpilih merupakan hal yang istimewa dalam hidup ini. Misalnya ketika anda dipilih oleh orang lain sebagai karyawannya atau asistennya atau bahkan dipilih sebagai suami atau istrinya. Kalau kita dipilih jadi karyawan perusahaan pastilah ada potensi yang baik dalam diri kita sehingga perusahaan mau merekrut saudara. Demikian juga suami atau istri kita mau memilih anda sebagai pasangannya pasti ada pertimbangan yang matang. Bagaimana dengan pemilihan Tuhan dalam hidup kita?

Pemahaman
ay 16-17,  Apa yang Tuhan nyatakan tentang diri kita dan apa perintah-Nya terhadap kita?
ay 18-20, Apa yang Tuhan ingatkan tentang diri kita?
ay 21-25, Apa yang Allah nyatakan kepada dunia dan apa tanggapan dunia terhadap pernyataan Allah ?

Tuhan Yesus mengingatkan kepada murid-murid-Nya, dan sekarang kepada orang yang percaya, bahwa bukan kita yang memilih Yesus, namun Yesuslah yang memilih kita. Suatu pernyataan yang menyatakan betapa Tuhan itu baik mau memilih kita orang yang berdosa untuk mendapatkan anugerah Tuhan. Bukan saja dipilih-Nya namun kita juga mendapatkan pengutusan untuk pergi ke dunia dan menghasilkan buah dan buahnya dapat dinikmati.

Tuhan Yesus memerintahkan murid-murid-Nya dan orang yang percaya untuk hidup saling mengasihi satu dengan yang lain. Mengapa hal mengasihi menjadi satu perintah-Nya? Karena Tuhan Yesus tahu benar bahwa dunia, di mana murid-murid-Nya tinggal, membenci mereka. Karena dunia telah membenci Yesus, maka murid-murid-Nya juga dibencinya. Yesus ingin menyadarkan kepada pengikut-Nya bahwa jangan heran kalau orang dunia tidak menyukai kehadiran orang yang percaya.

Apa yang menjadikan orang dunia membenci Yesus? Jawabannya adalah dosa. Dosa telah menjadikan mereka “buta” untuk melihat pekerjaan-pekerjaan Allah yang dilakukan dalam nama Yesus di dunia ini. Dosa telah membuat mereka menyangkal keberadaan Yesus sebagai Anak Allah, dosalah yang membuat mereka menolak Bapa dan Anak-Nya, sehingga tanpa alasan yang jelas mereka menolak kedatangan Yesus di dunia ini.

Yesus mengingatkan bahwa untuk menjadi pengikut Kristus bukan karena kuat dan gagah kita namun karena Tuhan memilih kita. Namun kita juga diutus-Nya di tempat yang tidak mudah (dunia) untuk menghasilkan buah dan buahnya itu tetap. Tuhan Yesus membekali murid-murid-Nya  untuk melihat dunia sebagai “sesuatu” yang perlu dikasihi, walaupun dunia membenci orang yang percaya.

Refleksi
Ambil beberapa waktu: Apa arti pemilihan Tuhan kepada saudara? Apa yang telah saudara lakukan sebagai orang pilihan Tuhan?

Tekad
Ya Tuhan, ampunilah kami, ketika kami tidak menyadari bahwa sesungguhnya Engkaulah yang memilih kami supaya kami dapat berbuah lebat di dunia ini. Berilah kesempatan kepada kami untuk dapat berbuah, demi Kristus kami berdoa. Amin.

Tindakanku
Hari ini saya akan menggunakan waktu saya dengan baik karena kesadaran saya sebagai orang pilihan Tuhan, yang harus berbuah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«