suplemenGKI.com

Matius 21:23-27

“TETAP BERHIKMAT WALAU TAK NIKMAT“

PENGANTAR

Perikop-perikop sebelumnya di pasal 21 ini memaparkan serangkaian keberhasilan pelayanan Yesus: dielu-elukan ketika masuk Yerusalem (21:1-11), dengan berwibawa melakukan pembersihan Bait Allah (21:12-17), dan mendemonstrasikan kuasa yang muncul dari iman (21:18-22). Dari perikop bacaan hari ini ternyata bahwa keberhasilan-keberhasilan itu justru membangkitkan sikap permusuhan dari para pemimpin agama Yahudi.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 23, 25: Hal apa saja yang ditanyakan oleh Imam-imam kepala mengenai kuasa Yesus? Apa tujuan mereka menanyakan hal ini?
  2. Ayat 24-25a: Bagaimana cara Yesus menjawab pertanyaan mereka? Mengapa Yesus tidak menjawab mereka secara langsung?
  3. Ayat 25b-27: Mengapa mereka memilih untuk menjawab “tidak tahu”? Apa tujuan Yesus membawa mereka kepada jawaban “tidak tahu” ini?

Pertanyaan Imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi tentang sumber kuasa Yesus ini muncul dari perasaan jengkel yang muncul di dalam hati mereka ketika melihat orang banyak mengelu-elukan Yesus.  Dengan kata lain, pertanyaan ini disampaikan dengan niat yang buruk kepada Yesus, untuk menyerang Yesus di kemudian hari pada waktu yang tepat. Jika Yesus menjawab, ”Dari sorga,” maka sebagai pemimpin agama mereka dapat melontarkan tuduhan bahwa Yesus telah menghujat Allah.

Yesus menjawab pertanyaan mereka dengan cara khas seorang guru, yaitu menjawab pertanyaan dengan sebuah pertanyaan lain. Jawaban para pemimpin agama, ”Kami tidak tahu” menunjukkan bahwa mereka tidak mampu menjalankan fungsi mereka sebagai pemimpin agama, dan karena itu tidak layak menghakimi orang lain. Pertanyaan Yesus seharusnya membuat mereka sadar akan sikap mereka yang bersikeras tidak mau mengakui dan percaya bahwa kuasa Yohanes Pembaptis memang berasal dari sorga. Sebagai pemimpin agama, mereka ternyata tidak setia kepada kebenaran. Mereka berkeras hati menolak kebenaran yang sudah nyata di depan mereka. Sikap seperti ini juga mereka tunjukkan terhadap Yesus. Dan Yesus menjawab mereka dengan sangat penuh hikmat.

REFLEKSI

Ingat-ingatlah kembali dalam keberhasilan yang Anda peroleh saat ini (pelayanan, pekerjaan, keluarga, studi, dll), adakah hambatan-hambatan yang Anda dapatkan dari pihak lain? Meneladani cara-cara Yesus menghadapi musuh-musuhNya, apa yang dapat Anda pelajari ketika Anda dihadapkan dengan orang-orang yang juga tidak menyukai (menghambat, memusuhi) Anda?

TEKADKU

Tuhan, terkadang ketika hambaMu ini melayani, hambaMu berharap tidak menemukan kesulitan yang cukup berarti/serius. Namun ternyata tidak demikian kenyataannya. Mampukan hambaMu ini meneladani hikmat dan kasihMu dalam menghadapi siapa pun yang sepertinya menjadi penghambat dalam pelayanan maupun pekerjaanku saat ini. Amin.

TINDAKANKU

Melakukan tindakan konkrit mempraktikkan firman Tuhan hari ini terhadap pihak-pihak lain yang menghambat/tidak menyukai Anda, yaitu dengan cara melakukan ___________________

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*