suplemenGKI.com

AKHIR ZAMAN : MENAKUTKAN ATAU DINANTIKAN?

MARKUS 13: 24-32

 

Bacaan kita hari ini merupakan bagian dari rangkaian khotbah Yesus mengenai akhir zaman. Khotbah panjang ini dicatat oleh Markus sejak pasal 13:1. Menjawab pertanyaan para murid-Nya (13:4), Yesus menyampaikan beberapa tanda yang akan terjadi menjelang datangnya akhir zaman. Perlu dicatat bahwa tanda-tanda ini tidak disusun secara kronologis (berurut-urutan waktu kejadiannya). Yesus hanya mengungkapkan apa yang akan terjadi, bukan kapan waktunya. Jadi tanda-tanda ini tidak dapat digunakan untuk meramalkan waktu terjadinya akhir zaman. Tanda-tanda ini diungkapkan supaya murid-murid-Nya selalu berjaga-jaga (13:33).

 

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

  1. Ayat 24-25: Kedatangan Mesias di akhir zaman ditandai dengan gejala-gejala alam yang terjadi di angkasa, melibatkan matahari, bulan dan bintang-bintang. Menurut Anda, apakah Yesus sedang membicarakan gejala-gejala di angkasa itu sebagai suatu kejadian yang nyata (hurufiah) atau sebagai sebuah kiasan? Dari ungkapan Yesus ini, hal apa yang dapat kita pelajari tentang akhir zaman?
  2. Ayat 26-27: Dengan cara bagaimanakah Mesias akan datang di akhir zaman? Apa yang hendak diungkapkan dengan cara tersebut? Menurut Anda, suasana seperti apakah yang akan mengiringi kedatanganNya?
  3. Dari dua keadaan yang disampaikan Yesus (yaitu alam semesta yang bergoncang dan suasana di awan-awan), apa yang hendak Yesus ajarkan kepada mereka? Bagaimanakah seharusnya murid-murid Yesus menyambut kedatanganNya di akhir zaman?
  4. Bagi Anda sendiri, apakah akhir zaman merupakan saat-saat yang menakutkan? Mengapa?

 

RENUNGAN

Walter W. Wessel dalam tafsirannya untuk Injil Markus dengan terus terang mengakui bahwa memang sulit untuk memastikan apakah gejala-gejala alam yang disebutkan di sini harus dipahami secara hurufiah atau figuratif (sebagai kiasan).  Namun demikian, cukup jelas untuk dimengerti bahwa Yesus menyebutkan tanda-tanda alam ini untuk mengajarkan dua hal penting tentang akhir zaman. Pertama, akhir zaman itu bersifat universal (melibatkan seluruh alam semesta). Kedua, akhir zaman itu akan datang secara tiba-tiba, tidak dapat diramalkan waktunya secara pasti meskipun kita dapat melihat tanda-tandanya (seperti datangnya bencana alam yang juga mendadak).

Kedahsyatan gejala alam yang terjadi secara tiba-tiba itu memang menakutkan bagi siapa saja. Namun, ada suasana berbeda terjadi di angkasa: Sang Juruselamat datang dengan kekuasaan dan kemulianNya, diiringi oleh malaikat-malaikatNya. Bagi mereka yang percaya kepadaNya, kemegahan ini akan melenyapkan segala ketakutan mereka. Di samping adanya rasa ingin tahu, di dalam pertanyaan para murid mengenai tanda-tanda akhir zaman rupanya juga terselip kecemasan. Kecemasan yang sama juga sering kita jumpai pada mereka yang ingin meramal dan mengetahui waktu akhir zaman itu secara rinci dan pasti. Sebaliknya, kecemasan yang sama juga tersembunyi di hati mereka yang bersikap tidak peduli. Bagaimana dengan Anda? Masihkah ada hal-hal yang membuat Anda cemas akan akhir zaman? Sudah siapkah Anda bertemu dengan Dia, sang Juruselamat dunia?

 

Bagi mereka yang percaya kepadaNya, akhir zaman bukanlah sesuatu yang menakutkan,

melainkan saat-saat yang agung dan penuh kemuliaan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*