suplemenGKI.com

Matius 16:13-20

PENGAKUAN IMAN: DARI MANA?

PENGANTAR
“Bagi Anda, siapakah Yesus?” Jika pertanyaan itu diajukan kepada orang-orang Kristen, sebagian besar dari mereka mungkin akan menjawab: “Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.” Tentu, jawaban tersebut tidaklah salah. Namun, jawaban seperti di atas adalah jawaban yang bersifat umum, yang diambil dari pendapat orang-orang Kristen pada umumnya. Lebih dari sekadar pendapat umum, Tuhan menghendaki jawaban yang bersifat pribadi, yang mencerminkan keakraban hubungan kita dengan-Nya.

PEMAHAMAN

  • Ay. 13-16. Apa kata orang banyak tentang Yesus? Mengapa mereka menganggap Yesus sebagai Yohanes Pembaptis, atau Elia, atau Yeremia, atau seorang nabi yang lain? (ay. 13-14). Mengapa Yesus menganggap perlu bertanya mengenai pendapat pribadi mereka? (ay. 15-16).
  • Ay. 17. Apa yang membuat Petrus mengaku bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup? Apa hubungannya dengan pengenalan mereka secara pribadi dengan Yesus?
  • Ay. 18-30. Menurut Anda, apa arti perkataan Yesus kepada Petrus di ayat 18 dan 19? Apa artinya bagi kita, murid-murid Yesus yang hidup di masa kini?

Pandangan orang banyak tentang Yesus sangatlah beragam. Mereka menyebutkan beberapa kemungkinan bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis, atau Elia, atau Yeremia, atau seorang nabi yang lain. Keberagaman pendapat ini menunjukkan bahwa sebagian besar orang di waktu itu memang tidak sungguh-sungguh mengenal Yesus dan tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias. Karena itulah Yesus menanyakan pendapat pribadi para murid-Nya, “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” (ay. 15). Para murid yang sehari-hari bersama-sama Yesus memang seharusnya mengenal Yesus lebih baik dibandingkan orang banyak. Jawaban Petrus, yang mewakili para murid lainnya, menunjukkan bahwa mereka yang dekat dengan Yesus akan tahu bahwa Ia memang Mesias.

Selain dari pengenalan yang baik, pengakuan Petrus juga merupakan pekerjaan Allah Bapa di dalam diri Petrus. Bapa di sorga itulah yang menyatakannya kepada Petrus. Faktor ini tentu terkait dengan faktor sebelumnya. Jika kita mempunyai hubungan yang semakin akrab dengan Yesus, maka kita juga akan semakin mampu menangkap penyataan Allah Bapa yang diberikan kepada kita.

Sebagian orang berpendapat bahwa hanya Petruslah yang diberi hak khusus untuk memegang kunci Kerajaan Sorga. Namun, sebenarnya hal itu juga berlaku bagi setiap orang yang mengaku dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias. Lagipula, akan lebih baik jika kita memandang bahwa memegang kunci Kerajaan Sorga itu merupakan tanggung jawab, bukan hak. Artinya, setiap orang yang telah mengenal, percaya, dan mengaku bahwa Yesus adalah Mesias memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan Kerajaan Sorga kepada semua orang.

REFLEKSI
Pengakuan yang benar hanya dapat dihasilkan oleh pengenalan yang baik. Dan, pengenalan yang baik akan muncul dari hubungan yang akrab. Apakah Anda mempunyai hubungan yang akrab dengan Yesus?

TEKADKU
Tuhan, tanamkanlah di hatiku kerinduan untuk mengenal-Mu lebih akrab dan lebih baik, bukan hanya bersandar pada apa kata orang.

TINDAKANKU
Selama dua minggu ke depan saya akan membaca Injil Matius, setiap hari dua pasal, dari awal hingga selesai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*