suplemenGKI.com

HADAPI TANTANGAN UNTUK PELAYANAN

Matius 4:12-14

 

Pengantar
Menjalani pelayanan dengan penuh semangat adalah salah satu hal yang sangat diidamkan oleh banyak orang yang terlibat dalam pelayanan. Dengan semangat tersebut, para pelayanan akan menjalani pelayanan dengan penuh sukacita. Namun sayangnya, mewujudkan hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika dalam pelayanan itu, kita menemui banyak tantangan dan masalah. Tidak jarang tantangan tersebut bisa melemahkan semangat, sehingga mereka lebih memilih untuk meninggalkan pelayanan. Hari ini kita akan belajar dari Yesus yang tetap semangat melayani meskipun tantangan yang dihadapi-Nya begitu berat. Mari kita renungkan.

Pemahaman

  • Ayat 12                  : Alasan apakah yang membuat Yesus datang ke Galilea?
  • Ayat 13, 17            : Apakah tujuan Yesus datang ke Galilea
  • Ayat 14-16            : Mengapa Yesus datang ke Galilea, setelah mendengar kabar Yohanes telah ditangkap? Bukankah itu adalah situasi yang tidak aman?

Yesus menyingkir ke Galilea setelah mendengar kabar Yohanes Pembaptis telah ditangkap. Penyingkiran ini seolah menyiratkan bahwa Yesus menghindari bahaya karena penangkapan Yohanes Pembaptis. Apalagi berita yang disampaikan oleh Yesus dan Yohanes Pembaptis adalah sama, berita tentang pertobatan karena Kerajaan Sorga sudah dekat. Yesus menyingkir ke Galilea sesungguhnya bukan untuk menghindar dari bahaya, karena Galilea adalah wilayah kekuasaan Herodes Antipas. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi Yesus.

Tujuan Yesus datang ke Galilea adalah untuk melanjutkan karya pelayanan Yohanes Pembaptis untuk menyerukan berita pertobatan. Yesus tidak mundur sekalipun Ia tahu ada potensi bahaya yang menanti-Nya di Galilea. Kedatangan Yesus ke Galilea adalah berkeliling memanggil para murid, melayani, mengajar dalam rumah-rumah ibadat, menyembuhkan orang sakit dan kelemahan di antara bangsa itu (Mat. 4:23).

Matius juga mencatat bahwa pelayanan Yesus di Galilea adalah sebagai penggenapan nubuat nabi Yesaya mengenai kedatangan Mesias (Yes. 9:1-2). Kedatangan Yesus ke Galilea bagaikan terang yang menyinari tempat yang dikuasai kegelapan. Kehadiran terang memang sangat diperlukan supaya mereka yang berada dalam kegelapan dapat dibangkitan. Untuk mengalami terang itu, mereka harus bertobat. Itulah inti berita yang disampaikan oleh Yesus. Bertobat berarti mengubah fokus hidup, dari fokus pada diri sendiri beralih pada penyerahan hidup yang total yang dikuasai oleh Kristus.

Refleksi
Renungkalah: Bagaimanakah sikap kita ketika menghadapi masalah ataaupun tantangan dalam pelayanan? Milikilah semangat pelayanan seperti Yesus, yang ketika ada tantangan berat sekalipun dalam pelayanan, Ia tetap terus melayani dengan sungguh, karena ada tujuan dari semangat pelayanan itu yaitu karya pertobatan.

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk terus bisa semangat melayani-Mu, meskipun tantangan dalam pelayanan yang saya alami sangat berat. Berikanlah saya kekuatan dan hikmat untuk tetap terus berkarya memberitakan Injil yang membawa pada pertobatan.

Tindakanku
Saya akan berusaha menyelesaikan masalah dalam pelayanan (sebutkan jika ada), dan terus mendoakan supaya Tuhan memberikan hikmat untuk menuntun dalam karya pelayanan yang sudah Tuhan percayakan kepada saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«